Home NasionalIbu Kota Wagub DKI: Kurang Disiplin Prokes di Rumah Penyebab Klaster Keluarga Melonjak

Wagub DKI: Kurang Disiplin Prokes di Rumah Penyebab Klaster Keluarga Melonjak

oleh Bambang

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (ist)

FAKTUALid – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan klaster keluarga menempati urutan teratas jadi penyebab tingginya penyebaran kasus Covid-19 di Ibukota.

“Karena di rumah itu mulai tidak disiplin. Mungkin karena capek, lelah, letih, menganggap bahwa satu keluarga pasti aman. Padahal harusnya tetap disiplin dan saling menjaga,” kata Wagub Ariza memberikan komentar kepada media terkait kenapa belakangan klaster keluarga jumlahnya tinggi, Jumat (23/7/2021), di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Dijelaskan Wagub Ariza, masyarakat mulai tidak disiplin melaksanakan protokol kesehatan saat di rumah setelah melakukan aktivitas di luar. Karena merasa aman di keluarga, warga yang bekerja di luar ataupun yang masuk rumah tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker, cuci tangan dan mandi sebelum berkumpul.

“Rumah harus didisinfektan,” kata Wagub Ariza. “Selain juga dibersihkan, sirkulasi udara diperbaiki juga harus dipastikan. Anggota keluarga jangan keluar masuk rumah. Kalau keluar masuk, dia membawa virus ke dalam. Jadi semuanya dimulai dari keluarga,” lanjutnya.

Sejauh ini Pemprov DKI telah membentuk Satgas Covid-19 hingga tingkat RT dan RW. Lalu, setiap Satgas harus melakukan koordinasi dengan Puskesmas. “Selalu melaporkan perkembangan keluarga kepada petugas,” ucap Wagub Ariza. “Juga kepada saudara-saudara semua, termasuk yang isoman menyendiri, terus berkoordinasi dengan anggota keluarga lainnya coba membantu mengawasi memastikan kebutuhannya terpenuhi,” imbuhnya. ****

You may also like

Tinggalkan Komentar