Connect with us

Wisata

JJM 2022, Pertama Kali Digelar Secara Hybrid 

Avatar

Diterbitkan

pada

Festival JJM di lantai 1 dan 3 Mall fX Sudirman dan gratis.(Dok. Faktualid)

FAKTUAL-INDONESIA : Setelah dua tahun rehat akibat pandemi Covid-19, kini Festival Jak-Japan Matsuri (JJM) kembali digelar secara indoor dan hybrid untuk pertama kalinya pada 14-16 Oktober di Mall fx Sudirman, Jakarta, mulai pukul 10:00 hingga 21:00 WIB. Acara ini gratis tidak dipungut biaya apapun.

Sejak digelar pada 2009 silam, JJM yang juga merupakan hasil kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta, menjadi festival Jepang terbesar di Jakarta yang sangat ditunggu-tunggu.

Penyelenggaraan tahun ini terkesan istimewa karena merupakan awal kebangkitan dari pandemi Covid-19, sekaligus menjadi penanda kuatnya hubungan Indonesia-Jepang akan memasuki usia 65 di tahun 2023.

Ketua panitia JJM 2022, Kobayashi Kazunori menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia dan Jepang karena sudah dua tahun JJM rehat.

“Tahun ini akan menjadi ke-12 kalinya Jakarta Japan Matsuri dilaksanakan. Saya sangat berterima kasih dan menghormati masyarakat Jepang dan Indonesia yang sudah mendukung Jakarta Japan Matsuri sejak pertama kali diadakan,” kata Kobayashi.

Advertisement

Tahun ini dengan tema besar yang selalu tidak pernah berubah yaitu ‘Always Together’, tahun ini JJM 2022 mengangkat sub tema ‘Berkawan Itu Menyenangkan’ atau dalam bahasa Jepang ‘Yappari Tomodachi tte Saikou’ memiliki makna penting yang tersimpan di dalamnya. Yaitu setelah menghadapi Pandemi Covid-19, meneguhkan hubungan keluarga dan pertemanan serta menegaskan kembali bahwa Indonesia dan Jepang masih berteman baik.

“Saya ingin menyampaikan bekerja sama, maju ke depan dengan teman meskipun didalam keadaan yang sulit adalah sebuah hal yang penting,” demikian menurut Kobayashi terkait makna penting  ‘Berkawan Itu Menyenangkan’.

Di waktu sebelumnya, ada kejadian seperti tenda yang diterbangkan akibat angin kencang, atap dari panggung jatuh, dan berbagai macam masalah lainnya, tapi dengan bantuan dari masyarakat dari kedua negara, kita berhasil melewati berbagai macam kesulitan.

Secara Hybrid

Untuk pertama kalinya pula JJM digelar secara hybrid dan di area lokasi tertutup atau indoor, di fX Mall Sudirman, Jakarta di lantai 1 dan 3.

Advertisement

Menurut Kobayashi, JJM kali ini digelar secara indoor pertama kali dan hybrid (luring dan daring) agar memberi kesempatan kepada mereka yang jauh untuk dapat menikmati festival secara daring.

“Jadi ada siaran secara online. Saya berharap agar masyarakat Indonesia juga dapat menikmati JJM dari balik layar, dan semoga bisa menjadi pemicu untuk mulai tertarik kepada Jepang,” harap Kobayashi.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi mengatakan senang KBRI di Tokyo senang menjadi bagian dari JJM kali ini.

“JJM juga menjadi penanda kuatnya hubungan Indonesia-Jepang yang akan memasuki tahun ke-65 pada 2023 mendatang,” kata Heri Akhmadi dikutip dari Instagram resmi Jak-Japan Matsuri.

Dia berharap hubungan Indonesia-Jepang kuat dengan JJM. Karena digelar secara hybrid, maka masyarakat yang ada di Indonesia juga bisa menyaksikan video persembahan dari @kbritokyo pada 15 Oktober.

Advertisement

Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, JJM kali ini juga akan dimeriahkan oleh hiburan artis, tarian, aneka lomba dan lain sebagainya. Tersedia juga aneka jajanan Jepang seperti Takoyaki, Okonomiyaki, Sushi, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan juga ada berbagai suvenir Jepang yang bisa dibeli.

Tentu saja idol grup JKT48 yang selalu dinanti-nantikan penggemar budaya Jepang di Indonesia, dipastikan akan menghibur seluruh pengunjung JJM yang hadir.

Penyanyi dan penulis lagu cukup terkenal dari Jepang, Kaori Mukai bakal mempersembahkan video menariknya. Kaori pernah meramaikan JJM 2018 dan 2019.

Kato Hiroaki yang sudah tak asing lagi di mata para penggemar budaya Jepang juga turut meramaikan festival.

Menariknya, meski festival digelar secara indoor namun parade Mikoshi tetap akan digelar di pelataran mall.

Advertisement

Bagi pengunjung yang ingin mencoba memikul Mikoshi bisa datang lebih awal pada 16 Oktober pukul 07:30 WIB dan pukul 09:00 WIB.***

Lanjutkan Membaca