Connect with us

Otomotif

Simak, Ini 4 Tips Merawat Motor Listrik, Terapkan Mulai Sekarang!

Avatar

Diterbitkan

pada

tips merawat motor listrik

Ilustrasi Honda PCX 150 listrik (Foto: Kompas)

FAKTUAL-INDONESIA: Saat ini, populasi sepeda motor listrik semakin banyak ditemukan di jalanan. Hal ini membuat sejumlah orang tertarik untuk membelinya. Akan tetapi, merawat motor listrik berbeda dengan motor bensin. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tips merawat motor listrik dengan mudah.

Selain ramah lingkungan, kendaraan listrik dinilai bisa menghemat pengeluaran. Pemiliknya juga bisa mendapat manfaat membeli kendaraan listrik, diantaranya tidak terkena pajak progresif.

Sejumlah orang tentu memilih motor listrik dengan alasan yang bermacam-macam. Mulai dari kesadaraan untuk mengurangi polusi hingga minimnya perawatan.

Perlu diketahui, motor listrik terdiri dari komponen lebih sederhana ketimbang motor biasa sehingga tidak membutuhkan oli mesin atau oli transmisi yang mesti diganti secara rutin. Hal itu membuatnya terlihat lebih mudah dirawat daripada motor bensin. Lantas, apa saja tips merawat motor listrik supaya tetap prima?

Baca juga: Indonesia Targetkan Ada Enam Juta Unit Motor Listrik pada 2025

Berikut beberapa tips merawat motor listrik yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Hindari banjir

Tips merawat motor listirk yang pertama yaitu menghindari area banjir. Disematkan kata “listrik”, banyak yang menganggap kendaraan satu ini tidak boleh terkena air. Padahal, kekhawatiran itu tak perlu muncul. Sebab, motor listrik sudah dirancang sedemikian rupa agar tetap aman ketika hujan.

Meski begitu, jangan sekali-kali nekat menerobos banjir. Nantinya, air bisa masuk ke dalam motor sehingga dapat merusak bagian mesin yang penting. Karena itu, cari jalan alternatif saat menemukan banjir. Pastikan juga tidak melewati genangan air yang tinggi.

2. Lepas baterai saat tidak digunakan

Setiap pemilik perlu melepas soket baterai dari kendaraan saat tidak digunakan, terlebih jika ditinggal cukup lama. Apabila baterai tidak lepas saat motor didiamkan, baterai akan mengalami self discharge ketika motor tidak digunakan.

Seperti diketahui, walau motor dalam kondisi mati tapi tetap ada listrik yang terpakai, misalnya untuk alarm. Sebagai tips, lepaskan baterai supaya tetap awet. Sebelumnya, pastikan mengisi daya hingga penuh dan barulah melepaskannya.

Baca juga: 6 Tips Merawat Aki Motor agar Tahan Lama dan Tetap Prima

3. Hindari air bertekanan saat mencuci motor

Tips merawat motor listrik berikutnya yaitu menghindari mencuci dengan air bertekanan. Motor listrik memiliki semacam kisi-kisi udara yang bisa menjadi celah air menyusup ke sistem kelistrikan di bagian kolongnya. Ini memungkinkan air masuk dan merusak sistem kelistrikan tersebut.

Advertisement

Bila hendak mencuci, gunakan air mengalir biasa guna menghindari masuknya air ke dalam sistem kelistrikan motor.

4. Rutin ganti van belt

Motor konvensional tersedia dalam dua jenis, yakni manual dan otomatis. Namun, kebanyakan motor listrik tersedia layaknya transmisi otomatis. Sehingga motor listrik tidak menggunakan rantai, namun menggunaakna van-belt.

Seperti motor matik pada umumnya, v-belt terbuat dari karet sehingga perlu rutin diganti agar tidak putus dijalan. Lakukan penggantian v-belt setelah menempuh jarak 3.000 km. Anda bisa menggantinya di dealer resmi atau bengkel khusus motor listrik.

Itulah beberapa tips merawat motor listrik. Dengan menerapkan cara diatas, tentu motor listrik akan jadi awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat.***

Baca juga: 6 Tips Mencegah Mata Kering Saat Naik Motor agar Aman dan Nyaman

Advertisement
Lanjutkan Membaca