Connect with us

Otomotif

Hino Hadirkan Depo Suku Cadang di Ternate, Tingkatkan Pelayanan di Indonesia Timur

Avatar

Diterbitkan

pada

Peresmian depo suku cadang Ternate pada 20 Juni 2023. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meresmikan depo suku cadang terbaru di Ternate, Maluku Utara. Hal ini semakin memudahkan distribusi suku cadang di wilayah Indonesia, khususnya bagian timur.

Depo di Ternate ini menjadi salah satu rantai distribusi suku cadang Hino untuk mempermudah pelanggan, terutama di wilayah Kepulauan Maluku dan Papua, untuk mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan.

Dengan dibukanya depo suku cadang di Ternate, memperpendek waktu tunggu suku cadang terutama ke berbagai site – site tambang yang berada di wilayah Kepulauan Maluku, yang saat ini adalah salah satu penghasil nikel terbesar di Indonesia.

Menurut Chief Operating Officer (COO) – Director HMSI, Santiko Wardoyo Depo baru ini menunjukkan komitmen Hino untuk terus mendekatkan diri kepada para pelanggan.

“Diharapkan dengan adanya depo baru ini, suku cadang akan lebih cepat atau memperpendek waktu tunggu (lead time) spare parts ke customer di wilayah Kepulauan Maluku dan Papua,” kata Santiko dalam siaran persnya, pada Rabu (21/6/2023).

Advertisement

Depo di Ternate ini, selain akan memenuhi kebutuhan suku cadang di site-site tambang di wilayah kepulauan Maluku. Turut akan memasok kebutuhan suku cadang dealer-dealer Hino terdekat diseputar lokasi part depo terbaru ini.

Dealer-dealer tersebut antara lain PT Nengmey Malut Maluku yang beroperasi di wilayah Ambon, Ternate, Halmahera, PT Nenggapratama Internusa yang terletak di Manado, Serta PT Kreasi Auto Kencana yang memberikan pasokan kebutuhan suku cadang di area Papua seperti Sorong, Jayapura, dan Manokwari.

Hino Part Depo Ternate sendiri memiliki kapasitas penyimpanan suku cadang Hino sebanyak 4.973 item. Dengan bangunan depo berada di area seluas 816 meter persegi.

Saat ini sudah tersedia lebih dari 17.210 pcs suku cadang. Sebelumnya, untuk area Kepulauan Maluku seperti ke Pulau Halmahera, Pulau Obi dan Pulau Seram di supply dari part depo Hino terdekat yang berada di Makassar.

Waktu tunggu menjadi jauh lebih singkat, karena sebelumnya butuh sekitar 2 minggu dari Makassar, kini dengan adanya part depo Ternate menjadi hanya 3 hari.

Advertisement

“Indonesia negara kepulauan yang sangat luas. Hal ini tentu saja memberikan tantangan sendiri bagi Hino untuk bisa terus menyediakan suku cadang dengan waktu yang singkat bagi customer. Kini customer tidak perlu khawatir menunggu lama. Karena Pembukaan Part Depo di Ternate Ini merupakan bentuk Total Support yang diberikan kepada Hino bagi para customer dalam mempermudah bisnis yang dijalankan,” tambah Santiko.

Bersamaan dengan kegiatan peresmian depo suku cadang baru di Ternate, PT Hino Motors Sales Indonesia juga menjalankan agenda Corporate Social Responsibility (CSR) Pendidikan kepada SMKN 2 Ternate.

Item yang diberikan pada kegiatan CSR ini adalah mesin J08C dan stand sebagai alat praktek teknik mesin. Pemberian item CSR ini diterima langsung oleh Udin Rajabesy selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, dari SMKN 2 Ternate.

Selain itu, Hino melalui dealer resmi PT Nengmeypratama Malut Maluku juga akan melakukan penandatanganan MOU dengan SMKN 2 Ternate dalam rangka pelatihan teknik mesin diesel dan perekrutan lulusan sebagai tenaga kerja yang terampil. Adanya program CSR pendidikan kepada SMKN 2 Ternate bertujuan sebagai link and match antara dunia pendidikan dengan kebutuhan industri otomotif.

“Kami senang dapat membantu sekolah vokasi dapat mencetak lulusan jurusan otomotif yang mahir dalam teknik mesin diesel untuk memenuhi kebutuhan industri yang membutuhkan tenaga kerja yang kompeten, serta membantu individu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilan mereka” tutup Santiko.***

Advertisement

 

Lanjutkan Membaca