Connect with us

Lifestyle

8 Hukuman Mati Tersadis Dalam Sejarah Dunia, Gak Kenal Ampun!

Avatar

Diterbitkan

pada

hukuman mati tersadis

Garrotte (Foto: listverse)

FAKTUAL-INDONESIA: Di Indonesia, ada sejumlah tindak kejahatan yang membuat tersangka di hukum mati. Tentu hal ini dilakukan dengan cara kemanusiaan. Namun, di negara lain ada yang menerapkan hukuman mati tersadis untuk menghukum para pelaku kejahatan.

Hukuman mati biasanya diterapkan apabila seseorang terbukti melakukan tindak kriminal berat, misalnya pembunuhan berencana, mencuri, atau memperkosa. Hingga kini masih banyak negara yang menerapkan hukuman ini bagi para pelaku kejahatan berat.

Meski sudah jarang dilakukan, namun tercatat ada sejumlah hukuman mati tersadis dalam sejarah. Jika menganggap hukuman mati kursi listrik sadis, masih ada lagi hukuman mati tersadis lainnya. Hukuman tersebut dikenal tidak memberi ampun kepada pelakunya, apa saja?

Baca juga: Pacar Lagi Hamil Dibunuh dan Diinjak-injak Perutnya

Berikut beberapa hukuman mati tersadis di dunia yang telah faktualid.com rangkum dari History dan sumber lainnya.

1. Flying atau menguliti hidup-hidup

hukuman mati tersadis

Flying atau menguliti hidup-hidup (Istimewa)

Hukuman mati tersadis yang pertama yaitu Flying atau mengiluti pelaku hidup-hidup. Metode ini telah digunakan sebagai metode eksekusi di berbagai belahan dunia selama berabad-abad, termasuk di Roma Kuno, Inggris abad pertengahan, dan Kekaisaran Ottoman.

Dalam proses eksekusi, biasanya eksekutor akan membuang kulit korban dengan membuat sayatan dengan pisau ke kaki, bokong, dan dada, dan kemudian membuang kulit seutuh mungkin. Hukuman ini digunakan tanpa obat bius dan pelaku tersebut tetap dibiarkan hidup dan meronta kesakitan.

Advertisement

Dahulu, hukuman mati jenis ini menjadi salah satu metode pilihan untuk menghukum mati seseorang yang dipercaya sebagai vampir atau manusia serigala.

2. Membelah dua badan dengan gergaji

hukuman mati tersadis

Membelah dua badan dengan gergaji (Foto: planetdeadly)

Pernahkah tangan Anda tak sengaja terkena pisau? Hal itu saja terkadang akan menggangu karena rasa sakitnya. Namun, dahulu pernah ada hukuman mati dengan cara menggergaji pelaku. Hukuman ini diberlakukan di Eropa pada abad pertengahan untuk menekan angka kriminalitas.

Jika seseorang terbukti melakukan kejahatan berat, maka ia akan digergaji saat hidup dengan cara digantung dengan posisi terbalik. Metode ini sangat mengerikan dan tak heran jika banyak orang menganggapnya sebagai hukuman mati tersadis yang pernah ada di dunia.

3. Scaphism

hukuman mati tersadis

Scaphism (Istimewa)

Hukuman mati tersadis berikutnya yaitu Scaphism. Metode satu ini dikenal sadis karena seseorang akan dibunuh secara perlahan. Orang tersebut awalnya ditelanjangi dan diikat ke batang kayu. Mereka lalu dibiarkan mengapung di danau atau sungai.

Selanjutnya mereka dipaksa untuk minum susu dan madu hingga mengalami diare yang parah. Belum cukup, mereka akan dilumuri oleh madu untuk menarik serangga hingga tubuhnya digigit. Proses tersebut kira-kira memakan waktu 17 hari sampai orang tersebut mati.

4. Hanged, Drawn, and Quartered

hukuman mati tersadis

Hanged, Drawn, and Quartered (Foto: Britannica)

Selain Scaphism, hukuman mati tersadis dalam sejarah lainnya adalah Hanged, Drawn, and Quartered. Jika diartikan, hukuman ini mengacu pada digantung, tarik, dan membagi tubuh menjadi empat bagian.

Hukuman mati ini dulu pernah diterapkan di Inggris pada 1283 silam bagi siapa saja yang terbukti melakukan kejahatan paling berat, menurut laman Britannica.

Setelah dieksekusi, tubuh pelaku yang sudah dipotong-potong akan diletakkan di tengah keramaian publik. Tujuannya untuk memberikan efek jera dan rasa takut bagi masyarakat.

Advertisement

Baca juga: 7 Jalan Paling Berbahaya di Dunia, Mana yang Paling Ekstrem?

5. Minum logam cair

Pernahkah Anda membayangkan minum logam cair yang sangat panas? Minum air panas saja tenggorokan sudah tersiksa. Hukuman ini dilakukan pada masa Israel kuno bagi mereka yang melakukan perzinahan dengan putri yang sudah menikah dari seorang anggota imamat.

Bila terbukti, orang tersebut akan langsung dieksekusi. Pertama, orang yang bersalah akan dicekik menggunakan tali lembut dengan tali oleh dua orang saksi. Setelah pelaku terengah-engah, ia akan dipaksa minum timah cair ke tenggorokannya.

6. Garrotte

hukuman mati tersadis

Garrotte (Foto: listverse)

Salah satu hukuman mati tersadis dalam sejarah dunia adalah Garrotte. Hukuman tak kemanusiaan ini pernah diterapkan pada 1812 di Spanyol. Pelaku pembunuhan sadis berantai yang terbukti bersalah akan dibuat mati dengan alat khusus untuk mencekik pelaku kejahatan hingga leher pelaku hancur.

Awalnya, pelaku akan disuruh untuk duduk di sebuah kursi. Kemudian, algojo akan memutar alat di belakang kursi tersebut untuk mencekik leher pelaku secara perlahan sampai leher pelaku hancur. Karena dinilai jadi hukuman mati tersadis, akhirnya metode ini dihapus pada 1974.

7. The Blood Eagle

hukuman mati tersadis

The Blood Eagle (Foto: Cvltnation)

Metode eksekusi The blood eagle akan sangat mengeringakn jika dibayangkan karena tubuh pelaku akan dibuat seperti elang. Caranya adalah dengan membuka punggung lalu tulang rusuknya dipatahkan hingga mencuat keluar seperti sayap. Dari situ, algojo akan melumuri paru-paru dengan garam.

Hukuman mati tersadis ini diterapkan oleh prajurit Norse Kuno (Jerman Utara). Tidak langsung mati, pelaku akan tewas dalam waktu beberapa hari.

8. Brazel Bull

hukuman mati tersadis

Brazen Bull (Istimewa)

Hukuman mati tersadis yang terakhir adalah Brazen Bull. Pada abad keenam SM, Phalaris, tiran Akragas di Sisilia, Yunani, ada sebuah metode untuk mengeksekusi pelaku kejahatan dengan cara sadis menggunakan banteng yang dibuat dari logam.

Brazel Bull atau ‘Banteng kurang ajar’ seluruhnya terbuat dari perunggu dan ukurannya seperti banteng asli. Tubuh banteng tersebut berlubang dan mereka akan memasukkan orang yang bersalah ke dalamnya. Setelah itu, banteng logam tersebut akan dibakar. Seseorang didalamnya tentu akan terpanggang hidup-hidup.

Advertisement

Itulah beberapa hukuman mati tersadis yang pernah tercatat dalam sejarah dunia. Menurutmu, hukuman mana yang paling sadis?***

Baca juga: Sadis, Pria Ini Membunuh dan Mengambil Jantung Korban

Lanjutkan Membaca