Home LifestyleKesehatan 8 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kulit dan Rambut yang Alami

8 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kulit dan Rambut yang Alami

oleh Farhan Zuhdi
manfaat minyak kemiri

Ilustrasi minyak kemiri (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kemiri merupakan salah satu rempah yang digunakan untuk memasak. Tak hanya itu, kemiri sering diekstrak menjadi minyak yang mempunyai banyak khasiat. Salah satunya yakni manfaat minyak kemiri untuk kulit dan rambut.

Aleurites moluccanus atau biasa dikenal kemiri merupakan tumbuhan yang banyak ditemukan di wilayah beriklim tropis, seperti Indonesia. Sudah sejak lama, orang tua zaman dahulu sering menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi masalah rambut.

Kandungan yang ada di dalam minyak kemiri, seperti gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Berkat kandungan tersebut, tak heran jika manfaat minyak kemiri sering digunakan sebagai bahan produk kecantikan rambut maupun kulit. Di Indonesia, minyak ini juga sering dimanfaatkan untuk minyak pijat.

Baca juga: 8 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan, Mampu meningkatkan Fungsi Otak

Berikut beberapa manfaat minyak kemiri untuk kulit dan rambut yang telah faktualid.com rangkum dari hellosehat dan sehatq.

1. Menjaga kelembapan kulit

Manfaat minyak kemiri yang pertama yaitu menjaga kelembapan kulit. Minyak kemiri memiliki kandungan asam lemak yang dapat masuk dan meresap ke dalam pori-pori.

Dengan begitu, khasiatnya mampu melembapkan kulit yang kering serta menutrisi kulit sehingga kulit menjadi lebih halus dan kenyal. Penggunaan minyak ini juga tidak meninggalkan bekas, jadi kamu tidak terlu khawatir.

2. Membantu menyembuhkan luka

Jika kamu mempunyai luka di kulit, kamu bisa mengatasinya dengan minyak kemiri. Kandungan antioksidan dan asam lemaknya bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Manfaat minyak kemiri bisa mengatasi berbagai masalah kulit, diantaranya kulit pecah-pecah, kulit kering, iritasi ringan pada kulit, luka, luka bakar, eksim, bekas luka, lesi, jerawat, dan psoriasis.

3. Melindungi kulit dari sinar matahari

Manfaat minyak kemiri berikutnya yaitu melindungi kulit dari sinar matahari. Minyak rempah satu ini mengandung vitamin yang peran sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dengan cara menangkal radikal bebas. Vitamin yang dimaksud adalah vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Perlu diketahui, radikal bebas di dalam tubuh bisa menyebabkan kerusakan kulit. Radikal bebas biasanya berasal dari sinar matahari, angin, debu, dan partikel dari lingkungan lainnya.

4. Mengatasi ketombe

Selain melindungi kulit, manfaat minyak kemiri juga dapat mengatasi masalah ketombe. Manfaat ini didapat dari kandungan asam linoleat yang berfungsi sebagai antiradang. Apabila kamu mempunyai masalah rambut rontok, cobalah mengatasinya dengan minyak kemiri.

Bahan alami ini dipercaya dapat mengurangi bahkan mencegah rambut rontok dari akarnya Cara menggunakannya, cukup oleskan minyak tersebut di rambut secara rutin untuk mengatasi rambut rontok.

Baca juga: 9 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan yang Belum Diketahui

5. Mencegah rambut kering

Beberapa orang mungkin mempunyai tektur rambut kering yang membuatnya tidak percaya diri. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan minyak kemiri dalam melembapkan rambut guna mencegah rambut kering dan kusut.

Manfaat minyak kemiri ini berasal dari kandungan asam amino dan asam lemak esensial yang mampu menembus ke dalam lapisan kulit kepala. Hasilnya, rambut akan terlihat lebih dan kamu bisa percaya diri kembali.

6. Menumbuhkan rambut

Salah satu manfaat minyak kemiri yaitu membantu menumbuhkan rambut. Minyak kemiri bisa menjadi bahan alami untuk kamu yang mengalami masalah rambut rontok dan kebotokan. Tak hanya mencegah rambut kering, nutrisi yang dimilikinya juga dapat mencegah dari kerontokan serta merangsang pertumbuhan rambut baru.

7. Memperkuat rambut

Terdapat banyak cara untuk memperkuat rambut. Salah satunya dengan cara alami yakni menggunakan minyak kemiri. Dengan hanya mengoleskan minyak kemiri sebagai masker rambut, kamu bisa memperkuat rambut serta mengatasi masalah rambut bercabang. Hal ini berkat kandungan kandungan asam linoleat yang dapat menutrisi, dan melembapkan rambut.

8. Membuat rambut hitam berkilau

Sudah banyak diketahui bahwa manfaat minyak kemiri dianggap mampu membuat rambut hitam berkilau. Minyak kemiri dapat berfungsi sebagai conditioner alami bagi rambut. Fungsinya pun sama, yakni mengembalikan kelembapan rambut sehingga rambut akan tampak hitam berkilau.***

Baca juga: 7 Manfaat Minyak Lintah, Ternyata dapat Meningkatkan Gairah Seksual Wanita

You may also like