Connect with us

Kesehatan

Varian Omicron XE, Kenali Gejalanya!

Avatar

Diterbitkan

pada

Ilustrasi virus varian XE (ist)

 

FAKTUAL-INDONESIA, Temuan Varian Omicron XE resmi telah dilaporkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Seperti apa gejalanya? Apakah lebih berbahaya dari Omicron?

Hingga kini dilaporkan bahwa telah ditemukan lebih dari 600 kasus subvarian XE di Inggris. Subvarian ini merupakan rekombinan dari Omicron BA.1 dan son of omicron (BA.2).

Disebutkan WHO, bahwa banyak yang sudah menerima vaksin lengkap tertular varian ini. Bahkan WHO mengklaim bahwa subvarian Omicron XE lebih menular 10 % daripada subvarian BA.2, yang diyakini termasuk varian Corona paling menular di dunia. Hingga kini tidak ada gejala baru pada varian XE yang berbeda dari strain aslinya atau Omicron (BA.1).

Mengingat gejala varian Omicron disebut sangat mirip dengan flu biasa. Sedangkan tiga gejala klasik virus Corona, yakni batuk, demam tinggi, serta kehilangan rasa dan bau justru jarang ditemukan pada pasien Omicron.

Advertisement

Gejala subvarian Omicron XE, seperti:
1. Demam
2. Sakit kepala
3. Kelelahan (ringan atau berat)
4. Nyeri tubuh

5. Sakit tenggorokan
6. Pilek

Menurut Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menjelaskan varian XE, XD, dan XF lebih menular dibandingkan varian Omicron asli.

Mengingat subvarian yang ditemukan tak hanya Omicron XE, tetapi rekombinan dari Omicron dan Delta atau disebut XD, dan XF atau gabungan Omicron dengan Delta Inggris.

Maka dari itu, pihaknya memberi perhatian khusus akan kemunculan ketiga varian tersebut jelang mudik Lebaran.

Advertisement

“Sebagai upaya menekan laju penularan dan memitigasi kemungkinan dampak mudik, varian ini menjadi perhatian kita bersama,” kata Siti Nadia dalam konferensi pers virtual, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Siti Nadia mengatakan, belum ada gejala khusus yang ditimbulkan ketika seseorang terinfeksi varian XE, XD, ataupun XF. Kemungkinan gejala yang muncul mirip dengan gejala saat terinfeksi Omicron.

Saat ini belum ada gejala khusus dari varian XE, XD, dan XF. Karena varian in⁹i masih satu jenis dengan subvarian Omicron,” kata dia.

Masyarakat dihimbau untuk tetap berhati-hati dan waspada, terutama bagi pemudik. Bagi yang tidak mudik pun, tetap diingatkan agar tidak menerima tamu secara berlebihan saat Lebaran.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca