Connect with us

Gadget

Agar Tidak Nyasar, Ini 7 Tips Gunakan Google Maps

Avatar

Diterbitkan

pada

Tips gunakan Google Maps

Tips gunakan Google Maps bisa membantu menunjukkan jalan jika penggunaannya sesuai. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Pernah dengar orang mengeluh menggunakan Google Maps tapi malah diputar-putar? Bisa jadi hal itu karena pengemudi tidak teliti membaca petunjuk dan arah.

Belakangan viral sebuah mobil nyasar di Subang malah diarahkan ke kuburan saat mengikuti petunjuk dari Google Maps.

Ada kemungkinan, si pengemudi salah membaca rute atau tidak teliti melihat jalan di Google Maps. Memang sepertinya mudah menggunakan Google Maps, tinggal buka dan ikuti petunjuk. Tetapi ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak nyasar.

Tips Gunakan Google Maps

Berikut cara melihat atau tips gunakan Google Maps yang benar:

  1. Buka aplikasi Google Maps di smartphone kamu.
  2. Tentukan lokasi tujuan dengan mencari di peta atau ketik di kolom pencarian.
  3. Pilih Direction, setelah itu Google Maps akan membuat rute menuju ke sana. Nah, poin selanjutnya harap hati-hati.
  4. Jangan salah pilih rute. Pilih rute sesuai kendaraan yang dipakai. Ada ikon mobil, motor, kereta (kendaraan umum), jalan kaki, atau kendaraan online.
  5. Rute utama atau tercepat akan tampil dengan warna biru. Jika ada pilihan rute lain, Google Maps akan menampilkan warna abu-abu.
  6. Evaluasi rute. Cek baik-baik rutenya, jika keluar dari jalan raya dan masuk ke jalan kecil, periksa lagi dengan Google Street View untuk memastikan kendaraan kamu bisa lewat.
  7. Jika sudah yakin dengan rutenya, klik Start untuk memulai navigasi.

Perhatian banyak pengguna tersasar karena kesalahan memilih rute dan jalan. Mau pergi naik mobil, tapi memilih rute motor, akibatnya dibawa ke jalur yang sempit. Ada juga yang naik motor, tapi memilih rute mobil, akibatnya ada kejadian motor masuk ke jalan tol.

Baca juga: Biar Nggak Salah, Ini Cara Cek Ganjil Genap Jakarta Via Google Maps

Sementara kesalahan yang sering terjadi adalah luput memerhatikan kondisi rute yang dilewati. Memang sih rute mobil, tapi mobil apa dulu? Mobil city car mungkin muat, sementara kalau SUV belum tentu bisa lewat.

Advertisement

Setelah mengetahui sejumlah tips gunakan Google Maps, kamu jadi lebih dimengerti meski memang harus cermat dan teliti.***

Lanjutkan Membaca