Connect with us

Ibu Kota

Biar Nggak Salah, Ini Cara Cek Ganjil Genap Jakarta Via Google Maps

Avatar

Diterbitkan

pada

cara cek ganjil genap jakarta via google maps

Cara cek ganjil genap Jakarta Via Google Maps (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memperluas pemberlakuan sistem ganjil-genap (Gage) dari yang sebelumnya 13 menjadi 25 titik kawasan. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk lebih siap mengetahui ruas jalan yang diterapkan ganjil genap. Jika bingung, Anda bisa mencoba cara cek ganjil genap Jakarta Via Google Maps.

Perluasan ganjil genap ini bukan tanpa alasan, sebab menurut Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, terjadi peningkatan volume kendaraan dalam beberapa pekan terakhir setelah dilonggarkannya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta.

Apalagi Pemprov DKI Jakarta baru saja menerapkan kembali PPKM Level 1 dan mengizinkan pekerja untuk Work from Office (WFO) 100 persen.

“Alasannya karena volume lalu lintas makin tinggi, berdasarkan data ada lonjakan volume lalu lintas mencapai 1,1 juta atau naik 6,25 persen pada minggu lalu. Jadi ini dasar untuk melakukan evaluasi penerapan pembatasan lalu lintas di wilayah Jakarta,” kata Syarifin, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Kawasan Ganjil Genap Diperluas, Ini Daftarnya!

Lebih lanjut, Syafrin mengatakan, dengan diterapkannya sistem ganjil genap pada 25 titik sesuai Pergub Nomor 88 Tahun 2019 itu, diharapkan kinerja lalu lintas akan membaik.

Advertisement

Meski begitu, banyak masyarakat yang belum tahu persis lokasi pemberlakuan ganjil genap 25 titik. Jika demikian, Anda bisa dengan mudah mengetahui dengan memanfaatkan fitur dari Google Maps.

Aplikasi peta dan navigasi ini dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mencari rute sesuai dengan nomor pelat kendaraannya. Lantas, bagaimana cara cek ganjil genap Jakarta Via Google Maps?

Cara Cek Ganjil Genap Jakarta Via Google Maps

Berikut ini cara cek ganjil genap Jakarta Via Google Maps yang telah faktualid.com lansir dari Kompas.

  • Pastikan Anda menggunakan aplikasi Google Maps paling update.
  • Lalu, masukkan lokasi yang ingin Anda kunjungi, pastikan GPS di smartphone aktif.
  • Jika sudah memasukkan lokasi yang ingin dituju, klik tombol “Directions” untuk melihat rute perjalanan yang akan dilewati.
  • Setelah itu, pilih opsi jenis kendaraan mobil dengan menekan ikon mobil yang berada di bawah informasi lokasi yang ingin dituju. Pasalnya, memilih jenis kendaraan motor tidak akan memunculkan opsi ganjil-genap.
  • Selanjutnya, kilik ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas layar aplikasi dan pilih “Route Options”.
  • Nantinya akan muncul menu opsi “Driving Options” yang menanyakan pelat nomor kendaraan Anda ganjil atau genap.
  • Setelah Anda sudah menentukan pelat nomor kendaraan, klik tombol “Done”. Google Maps akan menampilkan rute mana yang sebaiknya Anda tempuh.

Baca juga: Penambahan 26 Titik Baru Ganjil-Genap, Ini Kawasan yang Dimaksud Polda Metro Jaya

Itulah penjelasan mengenai cara cek ganjil genap Jakarta Via Google Maps. Meski diperluas, namun penerapannya tidak ada yang berubah. Untuk jam operasional ganjil genap dimulai pukul 06.00-10.00 WIB lalu dilanjutkan pada pukul 16.00-21.000 WIB.

Aturan ganjil genap ini berlaku setiap Senin-Jumat, sedangkan Sabtu-Minggu dan hari libur nasional ganjil genap tidak berlaku.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement