Connect with us

Gadget

8 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Bisa Kamu Lakukan Dirumah

Avatar

Diterbitkan

pada

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Setelah handphone jatuh terendam air, hal yang pertama dilakukan kebanyakan orang pasti cari cara mengatasi hp kemasukan air. Beberapa handphone canggih memang sudah dilengkapi dengan fitur yang tahan air. Namun, di sisi lain masih banyak handphone yang tidak dilengkapi fitur seperti itu.

Ketika handphone terendam air, hal yang akan terjadi air berubah menjadi kryptonite ponsel saat masuk ke port jack dan speaker. Begitu masuk, air mengalir ke bagian-bagian handphone. Air yang bertindak sebagai konduktor, membawa arus yang kemudian membebani ponsel dan energi.

Berikut beberapa cara mengatasi handphone kemasukan air yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Langsung Ambil dan Selamatkan

Cara mengatasi hp kemasukan air yang pertama adalah langsung ambil dan selamatkan. Semakin lama handphone terendam air, maka semakin besar kemungkinan air masuk dan merusaknya. Segera keluarkan handphone kamu dari air dan ada kemungkinan besar akan baik-baik saja atau dapat terselamatkan.

Baca juga: 8 Cara Merawat Baterai HP Supaya Awet dan Tahan Lama

2. Goyangkan Handphone

Cara mengatasi hp kemasukan air yang kedua adalah goyangkan handphone. Dengan cara ini kamu dapat membuang air yang tersangkut di jack handphone, port pengisian daya dan lain-lain. Jika kamu memiliki penyedot debu, gunakan dari jarak yang aman atau gunakan peniup.

Advertisement

3. Segera Matikan dan Bongkar Handphone

Cara mengatasi hp kemasukan air yang ketiga adalah segera matikan dan bongkar handphone. Setelah handphone terendam air, langsung matikan dan jangan dinyalakan dulu. Jika handphone kamu masih hidup, matikan saja.

Tujuannya adalah agar komponen yang ada di dalam handphone tidak mengalami korsleting yang menyebabkan handphone tidak akan menyala lagi untuk selamanya.

Selain itu, bagian dari handphone lainnya harus segera dikeluarkan seperti kartu memori, SIM card, serta casing handphone.

Hal ini berguna untuk mempercepat proses pengeringan dan mengeluarkan sisa air yang masih menempel pada handphone kita.

4. Jangan Masukan Ke Dalam Freezer

Cara mengatasi hp kemasukan air yang keempat adalah jangan masukan ke dalam freezer. Padahal cara ini bisa membuat air yang terdapat pada handphone tidak keluar dan membeku. Hal ini beresiko handphone akan mati total.

Advertisement

Baca juga: 8 Cara Mengatasi HP Lemot Berbasis Andorid dengan Mudah

5. Membantu Proses Pengeringan

Cara mengatasi hp kemasukan air yang kelima adalah membantu proses pengeringan. Jangan terburu-buru membawa handphone kita ke tukang reparasi.

Setelah tadi mematikan handphone dan mengeluarkannya semua isinya, cara untuk mengatasi hp kemasukan air yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengeringkannya dengan kipas angin, tisu atau kain yang kering dan bersih.

6. Rendam Handphone dalam Beras

Cara mengatasi hp kemasukan air yang keenam adalah rendam handphone dalam beras. Untuk memastikan agar handphone tadi benar-benar kering, kamu juga bisa memanfaatkan beras. Seperti saat kita menggenggamnya, beras bisa menimbulkan rasa hangat dan panas jika lama dipegang.

Efek panas ini sangat baik untuk menyerap cairan di dalam handphone yang terendam air. Jadi, gunakan baskom, kotak makan atau wadah lainnya untuk menyimpan handphone sementara di dalam beras.

7. Gunakan Silica Gel

Cara mengatasi hp kemasukan air yang ketujuh adalah menggunakan silica gel. Silica merupakan pengering yang menyedot kelembapan air, sehingga sangat cocok untuk mengeringkan handphone yang basah. Kamu bisa meninggalkan ponsel di dalam mangkuk atau tas berisi silica gel selama 3 hari untuk memastikan bahwa semua kelembapan telah hilang.

Advertisement

Baca juga: Hati-Hati, ini 6 Tempat Terlarang Menyimpan Handphone

8. Pasang Kembali Komponen Handphone

Cara mengatasi hp kemasukan air yang terakhir adalah pasang kembali komponen handphone. Setelah dikeluarkan dari beras, pasang semua kembali komponen atau bagian yang tadi dilepaskan. Lalu setelah itu, sebelum benar-benar dinyalakan, isi daya handphone dengan charger.

Jika indikator pengisian batrei handphone menyala, itu artinya handphone kamu sudah kembali normal dan siap untuk digunakan kembali. Tetap waspada terhadap perilaku aneh, setidaknya selama beberapa hari.***

Lanjutkan Membaca
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 5 Cara Mereset HP Oppo Saat Ponsel Hilang atau Lupa Sandi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement