Connect with us

Fashion

7 Kebiasaan yang Membuat Kacamata Cepet Rusak, Apa Saja?

Avatar

Diterbitkan

pada

Kebiasaan yang merusak kacamata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Bagi sebagian orang, kacamata bagaikan mata kedua. Sebab, tanpanya mereka kesulitan untuk melihat. Baik kacamata mahal atau murah, pemiliknya menginginkan barang satu ini awet. Namun, terkadang kerap melakukan kebiasaan yang merusak kacamata, yang mungkin tidak disadari.

Sadar atau tidak, kacamata dikebanyakan orang hampir digunakan setiap saat, termasuk tidur. Sudah bisa ditebak, kebiasaan ini bisa membuat kacamata patah sehingga tidak bisa digunakan lagi. Kacamata yang sudah dipakai beberapa bulan umumnya akan memiliki goresan atau bahkan kendur.

Hal tersebut bisa terjadi akibat hal sepele yang sering Anda lakukan. Jika kebiasan buruk itu terus dilakukan, maka bisa merusak kacamata. Lantas, apa saja kebiasaan yang merusak kacamata, yang nampak sepele?

Baca juga: 7 Cara Merawat Kacamata Supaya Tidak Cepat Tergores dan Rusak

Berikut beberapa kebiasaan yang merusak kacamata, yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Melepas kacamata dengan satu tangan

Kebiasaan yang merusak kacamata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Kebiasaan yang merusak kacamata, yang pertama yaitu melepas kacamata dengan satu tangan.Rata-rata penggunanya melapas dengan satu tangan karena alasan praktis dan cepat. Padahal, kebiasaan ini bisa menyebabkan satu sisi kacamata jadi mengendur dan mudah patah.

Mulai dari sekarang, gunakan dua tangan saat memasang maupun melepaskan kacamata agar tidak mudah rusak.

Advertisement

2. Menaruh kacamata diatas kepala

Kebiasaan yang merusak kacamata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Ketika mata sedang lelah, tak sedikit yang menaruh kacamatanya diatas kepala. Namun tahukah bahwa ini merupakan kebiasaan yang merusak kacamata. Kebiasaan ini jika terus dilakukan berdampak kacamata jadi miring dan merenggang.

Jika seperti itu, maka kacamata akan akan kurang nyaman saat digunakan. Sebagai solusi, Anda bisa memanfaatkan tali kacamata jika ingin melepasnya sejenak. Tali tersebut dapat ditemukan dengan mudah di optik atau marketplace.

3. Menaruhnya dengan posisi lensa dibawah

Kebiasaan yang merusak kacamata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Kebiasaan yang merusak kacamata berikutnya yaitu menaruh kacamata dengan posisi lensa menyentuh tanah atau meja. Sudah tentu ini menyebabkan goresan pada lensa. Untuk menghindarinya, pastikan meletakkan dengan posisi tangkai yang sudah dilipat berada di bawah sehingga terkena permukaan suatu benda.

Ubah kebiasaan buruk ini, khususnya ketika melepas kacamata sesaat sebelum tidur atau menyimpannya dalam kotak kacamata.

4. Dibawa tidur

Seluruh pengguna kacamata untuk membantu penglihatan mungkin sudah pernah membawanya tidur. Tidur dengan kacamata merupakan sebuah kebiasaan buruk. Kemungkinan besar kebiasaan ini mengakibatkan kacamata tertindih dan patah.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Goresan di Kacamata, Mudah dan Ampuh

Itulah mengapa biasakan untuk melepasnya sebelum tidur. Salah satunya adalah tidak menggunakan ponsel menjelang tidur. Sebab, biasanya orang yang tertidur memakai kacamata disertai dengan ponsel disampingnya.

5. Membasahi kacamata

Kebiasaan yang merusak kacamata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Dalam aktivitas sehari-hari, ada sejumlah kegiatan yang kerap membasahi kacamata. Misalnya kehujanan atau sedang menangis. Jika terlalu sering, ini menjadi kebiasaan yang merusak kacamata. Nantinya akan keluar bercak-bercak lingkaran di lensa tersebut.

Selain itu, hindari juga mencuci lensa dengan sabun ataupun detergen. Pasalnya, bahan tersebut menyebabkan terkelupasnya lapisan kimia yang dapat mengurangi silau dan memaksimalkan ketahanan pada goresan.

Advertisement

6. Membersihkan kacamata dengan baju

Saat kacamata basah, cara tercepat agar terlihat bersih kembali adalah membersihkannya dengan baju. Namun, dianjurkan untuk tidak menjadikannya kebiasaan karena akan meninggalkan goresan pada lensa. Untuk membersihkannya, gunakan kain mikrofiber sebab bahannya yang lembut dan memang dibuat khusus untuk kacamata.

Membersihkan yang digunakan untuk membersihkan kacamata tadi bisa saja dipenuhi butiran debu dan itu hanya akan menimbulkan goresan yang lebih parah. Jika tidak menemukan kain mikrofiber, Anda bisa menggunakan kapas.

7. Meninggalkan kacamata di dalam mobil

Kebiasaan yang merusak kacamata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Tak hanya kacamata menunjang penglihatan, juga kerap digunakan sebagai fashion item. Kacamata gaya umumnya digunakan guna melindungi mata dari cahaya, misalnya saat menyetir. Setelah sampai ditujuan, kacamata ditaruh begitu saja di dashboar mobil yang terpapar sinar matahari.

Kebiasaan ini dapat membuat kacamata bengkok dan rusak mengingat suhu didalam bisa mencapai 150 derajat. Terlebih jika kacamata berbahan plastik atau asetat. Supaya kacamata bisa awet dan tahan lama, tinggalkan kebiasaan yang merusak kacamata ini dengan memasukkanya ke dalam kotak penyimpanan.***

Baca juga: 6 Manfaat Kacamata Photocromic, Mencegah Mata dari Kesilauan

Advertisement
Lanjutkan Membaca