Connect with us

Fashion

7 Cara Merawat Kacamata Supaya Tidak Cepat Tergores dan Rusak

Avatar

Diterbitkan

pada

cara merawat kacamata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kacamata selain untuk menunjunag penglihatan, juga kerap digunakan sebagai fashion item. Apapun alasann menggunakan kacamata, Anda perlu memerhatikan cara merawat kacamata. Terlebih bagi seseorang yang menggunaknanya untuk membantu penglihatannya lebih jelas.

Karena sering dipakai, terkadang kacamata jadi kurang diperhatikan penggunaan dan perawatannya. Dalam merawat kacamata, hal yang paling utama adalah membersihkan lensa kacamata secara rutin dengan kain khusus.

Namun, banyak yang melupakan perawatan kacamata padahal ini cukup penting. Apalagi jika Anda termasuk orang yang malas mengganti kacamata karena penggunaan yang salah. Lantas, bagaimana cara merawat kacamata agar awet dan tak mudah tergores atau rusak?

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Goresan di Kacamata, Mudah dan Ampuh

Berikut beberapa cara merawat kacamata yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Hindari kebiasaan melepaskan kacamata dengan satu tangan

Cara merawat kacamata yang pertama yaitu menghindari kebiasaan melepaskannya dengan satu tangan. Memang kebanyakan orang kerap tidak melepaskannya dengan dua tangan. Perlu diketahui, ternyata kebiasaan ini bisa menyebabkan satu sisi kacamata jadi mengendur dan mudah patah.

Advertisement

Karena alasan tersebut, hindari kebiasaan ini mulai dari sekarang. Lakukan dengan dua tangan saat memasang maupun melepaskan kacamata.

2. Bersihkan dengan lap khusus

cara merawat kacamata

Foto Ilustrasi (Tokopedia)

Ketika membeli sebuah kacamata, baik untuk kesehatan maupun untuk menunjang penampilan tentu mendapatkan lap khusus. Sebenarnya, lap tersebut digunakan untuk mengelap atau membersihkan lensa agar tidak mudah tegores.

Tapi, banyak pegguna yang tidak membawanya sehingga kerap membersihkan lensa dengan baju atau tisu. Mengelap dengan keduanya boleh-boleh saja namun jangan terlalu sering. Sebab, akan meninggalkan goresan pada lensa.

Maka dari itu, cara merawat kacamata yang benar adalah membersihkannya dengan kain mikrofiber karena bahannya yang lembut dan memang dibuat khusus untuk kacamata.

3. Gunakan cairan khusus

cara merawat kacamata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selain lain khusus, cara merawat kacamata juga perlu dilakukan menggunakan cairan khusus. Seiring pemakian, kacamata tentu akan terkena debu dan kotoran dari luar yang membuat lensa menjadi kotor.

Sebisa mungkin, bersihkan kacamata dengan cairan khusus secara berkala. Dianjurkan membersihkan lensa setidaknya tiga kali dalam seminggu. Lensa yang bersih tentu akan meningkatkan kualitas penglihatan dengan kacamata.

Cairan pembersih khusus kacamata telah banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau. Jika tidak menemukan cairan pembersih kacamata, Anda bisa membersihkannya dengan air bersih yang mengalir. Tentu menggunakan kain mikrofober untuk mengeringkannya.

Advertisement

Baca juga: 6 Manfaat Kacamata Photocromic, Mencegah Mata dari Kesilauan

4. Hindari memakai kacamata diatas kepala

cara merawat kacamata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Beberapa orang senang sekali menaruh kacamatanya diatas kepala. Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan ini bisa menyebabkan kacamata jadi miring dan merenggang? Ketika terlalu sering dilakukan nantinya kacamata akan kurang nyaman digunakan.

Sebagai solusi, Anda bisa memanfaatkan tali kacamata jika ingin melepasnya sejenak. Tali tersebut dapat ditemukan dengan mudah di optik atau marketplace.

5. Jangan membiarkan kacamata di tempat yang panas

Salah satu cara merawat kacamata yang sering dilewatkan adalah tidak membiarkannya di tempat panas. Biasanya, ini terjadi saat memakai kacamata hitam disaat cuaca sedang terik, seperti di pantai atau di dashboard mobil.

Kacamata yang dibiarkan di tempat panas bisa menurunkan kualitasnya atau membuat bingkainya menjadi longgar karena terkena sinar matahari yang panas. Agar awet dan tahan lama, hindari meletakkannya di tempat panas atau yang terkena matahari secara langsung sebisa mungkin.

6. Hindari air laut

cara merawat kacamata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Ketika berada di pantai, pastikan kacamata tidak terpapara air laut. Sebab, air laut pasti mengandung pasir. Yang mana pasir bisa membuat lensa tergores dan rusak.

Jika sudah terlanjur terjadi, bersihkan lensa kacamata dengan dengan kain mikrofober atau kain lembut. Hindari juga untuk membersihkan lensa kacamata dengan bahan yang mengandung ammonia atau alkohol.

7. Simpan di kotak penyimpanan

cara merawat kacamata

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara merawat kacamata agar awet dan tahan lama yang terakhir yaitu menyimpannya pada kotak penyimpanan. Terapkan cara ini saat jika kacamata tidak digunakan. Kebiasaan menaruh kacamata secara asal dapat meningkatkan resiko kacamata patah karena tertindih maupun terinjak.

Selain itu, ini juga dapat menghindarinya dari debu atau kotoran lainnya dan juga membuat bingkai kacamata tidak mudah miring atau menjadi kurang proporsional.***

Advertisement

Baca juga: 7 Tips Memilih Kacamata Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Lanjutkan Membaca