Connect with us

Internasional

Presiden Jokowi Menerima Kunjungan dan Menjamu Kaisar Jepang di Istana Kepresidenan Bogor

Avatar

Diterbitkan

pada

Kaisar Jepang melakukan kunjungan kenegaraan pertamanya dengan mengunjungi Indonesia. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menerima kunjungan resmi kenegaraan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako di Istana Bogor, Senin (19/6/2023) hari ini. Sejumlah agenda kegiatan pun dilakukan, termasuk menanam pohon gaharu dan mengunjungi galeri anggrek di Kebun Raya.

Kunjungan Kaisar dan Permaisuri merupakan kun­jungan perdana Naruhito ke In­donesia sejak dinobatkan seba­gai Kaisar Jepang yang ke-126 pada 2019. Naruhito bersama Permaisuri Masako akan berada di Indonesia hingga 23 Juni.

Dengan kunjungan Kaisar Naruhito ini, berarti untuk kali kedua Kaisar Jepang berkun­jung ke Indonesia. Sebelum­nya pada 31 Oktober 1991, Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko melakukan kunjun­gan resmi ke Indonesia.

Kaisar Naruhito bersama Permaisuri Masako tiba di Istana Bogor datang dengan diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Setelah itu, prosesi dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara. Setelahnya, Presiden Jokowi dan Kaisar Naruhito melakukan inspeksi pasukan kehormatan. Keduanya selanjutnya memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara.

Advertisement

Nampak delegasi Indonesia yang hadir yaitu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani.

Setelah saling memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi kemudian mengajak Kaisar Naruhito untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Istana Bogor. Rangkaian acara bakal dilanjutkan dengan penanaman bersama pohon gaharu dihalaman belakang istana kepresidenan Bogor.

Jokowi juga sempat memperlihatkan ikan Arwana Super Red kepada Kaisar yang akan diberikan kepadanya sebagai oleh-oleh.

Usai menanam pohon, Jokowi dan Kaisar menujua galeri anggrek di Kebun Raya Bogor. Dalam kesempatan itu, kedua pemimpin negara menyampaikan pidatonya. Baik Jokowi dan Kaisar sama-sama mengucapkan terima kasih atas pertemuan tersebut.***

 

Advertisement

Lanjutkan Membaca