Connect with us

Internasional

Pakistan punya PM Baru, Shehbaz Sharif Terpilih Gantikan Imran Khan yang Digulingkan

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Shehbaz Sharif yang terpilih sebagai Perdana Menteri baru Pakistan, Senin (11/4/2022), adalah adik kandung dari mantan PM Nawaz Sharif

Shehbaz Sharif yang terpilih sebagai Perdana Menteri baru Pakistan, Senin (11/4/2022), adalah adik kandung dari mantan PM Nawaz Sharif

FAKTUAL-INDONESIA: Pakistan mempunyai Perdana Menteri Baru untuk mengakhiri kondisi tidak menentu selama sepekan ini.

Parlemen Pakistan telah memilih Shehbaz Sharif sebagai perdana menteri baru negara itu, menggantikan Imran Khan yang digulingkan dalam mosi tidak percaya Minggu.

Pemimpin koalisi oposisi – yang telah bekerja untuk menggulingkan Khan – memenangkan dukungan mayoritas di parlemen.

Shehbaz Sharif sekarang akan membentuk pemerintahan baru yang dapat tetap di tempatnya sampai pemilihan dijadwalkan pada Agustus 2023.

Khan, 69, terpilih setelah berhari-hari drama politik yang tinggi.

Advertisement

Dia telah berusaha untuk memblokir upaya sebelumnya untuk membawa mosi tidak percaya terhadap dirinya dengan membubarkan parlemen dan menyerukan pemilihan cepat.

Namun, Mahkamah Agung negara itu menguatkan petisi oposisi bahwa tindakannya tidak konstitusional dan memerintahkan mosi tidak percaya untuk dilanjutkan.

Pada hari Senin, Sharif terpilih di parlemen tanpa lawan dan akan menjadi perdana menteri ke-23 Pakistan.

Kandidat saingannya Shah Mahmood Qureshi telah mengumumkan bahwa partai Tehreek-e-Insaf Pakistan yang dipimpin oleh Khan memboikot pemungutan suara parlemen dan melakukan pemogokan.

Mantan PM dan sebagian besar anggota parlemen partainya mengundurkan diri dari kursi mereka sebelum pemungutan suara.

Advertisement

PM Baru

Shehbaz Sharif, 70, menjabat sebagai kepala menteri Punjab, provinsi terpadat di Pakistan, sebelum Imran Khan berkuasa pada 2018. Sharif, yang memimpin Liga Muslim Pakistan Nawaz (PMLN), memiliki reputasi efisiensi dan pekerja keras, dan dikreditkan dengan membuat perbaikan infrastruktur yang signifikan.

Banyak yang dengan sedih membandingkannya dengan penggantinya, Usman Buzdar, yang secara luas diejek sebagai orang yang tidak memenuhi syarat dan tidak kompeten. Kemarahan pada penolakan Imran Khan untuk menggantikan Buzdar adalah salah satu alasan yang dikutip oleh banyak analis untuk munculnya keretakan antara Khan dan sekutu dekatnya sebelumnya, militer Pakistan.

Shehbaz Sharif selalu berada di bawah bayang-bayang kakak laki-lakinya, Nawaz Sharif, yang menjabat sebagai PM pada tiga kesempatan. Sementara Nawaz secara terbuka mengkritik tentara setelah dia dicopot dari kekuasaan, bagaimanapun, Shehbaz lebih menyukai rekonsiliasi dengan “kemapanan”.

Seperti saudaranya, Shehbaz juga menghadapi tuduhan korupsi dan telah menghabiskan waktu di penjara selama masa jabatan Khan. Dia belum dihukum karena pelanggaran dan mempertahankan tuduhan itu bermotif politik.

Advertisement

Putra Shehbaz Sharif, Hamzah, berharap dapat mengikuti jejak ayahnya dan menjadi kepala menteri Punjab berikutnya.

Pendukung Imran Khan menganggap klan Sharif sebagai bagian dari dinasti, “Pakistan lama” yang ingin mereka turunkan ke dalam sejarah. ***

Lanjutkan Membaca