Connect with us

Hukum

Dugaan Melanggar KKEP, 31 Anggota Polri Diperiksa Pasca Tragedi Kanjuruhan

Avatar

Diterbitkan

pada

31 Anggota Polri Diperiksa Pasca Tragedi Kanjuruhan

Dugaan Melanggar KKEP, 31 Anggota Polri Diperiksa Pasca Tragedi Kanjuruhan (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus mengusut kasus kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Imbas kerusahan itu, 31 anggota Polri diperiksa tim audit investigasi Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) terkait dugaan melanggar Kode Etik Profesi Polri (KKEP) dalam penangangan insiden di Kanjuruhan.

“Tim Irwasum dan Propam sudah memeriksa terhadap 31 anggota Polri, (pemeriksaan) berkaitan dengan pelanggaran kode etik,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Malang, Jawa Timur, Kamis, (6/10/2022).

Dedi mengatakan, ke-31 anggota itu belum selesai dan dilanjutkan pemeriksaan pada hari ini. Hal tersebut sesuai arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memeriksa lebih mendalam beberapa hal terkait kerusuhan itu.

Baca juga: Imbas Tragedi Kanjuruhan, Kapolri Copot Kapolres Malang

Dari 31 anggota Polri tersebut, sepuluh di antaranya telah dicopot dari jabatannya. Salah satunya adalah Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dan sembilan komandan di lingkungan Brimob.

Dedi berjanji menyampaikan perkembangan insiden maut itu secara komprehensif hari ini. Dia belum memastikan waktunya.

Advertisement

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pecah usai pertandingan Arema FC vs Persebaya, Sabtu malam, (1/10). Dalam pertandingan ini, Arema kalah dengan skor 3-2 dari Persebaya Surabaya.

Petugas kemudian melakukan upaya pencegahan dengan melakukan pengalihan agar para suporter tersebut tidak masuk ke dalam lapangan dan mengejar pemain. Dalam prosesnya, akhirnya petugas melakukan tembakan gas air mata.

Berdasarkan data terbaru, sebanyak 131 orang meninggal dunia buntut insiden maut itu. Lalu, 29 orang luka berat, luka sedang 30 orang, dan luka ringan 406 orang.***

Baca juga: Buntut Tragedi Kanjuruhan, Pengamat Hifni Hasan: Tangkap Ketua Umum PSSI Iwan Bule dan Dirut PT LIB

Advertisement
Lanjutkan Membaca