Connect with us

Hukum

Komjen Ahmad Dofiri yang Jatuhkan Sanksi PTDH terhadap Ferdy Sambo Kini Resmi Irwasum Polri

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Upacara serah terima jabatan Irwasum Polri, dari Komjen Pol Agung Budi Maryoto kepada Komjen Pol Ahmad Dofiri di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Upacara serah terima jabatan Irwasum Polri, dari Komjen Pol Agung Budi Maryoto kepada Komjen Pol Ahmad Dofiri di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

FAKTUAL-INDONESIA: Komjen Pol Ahmad Dofiri, pimpinan sidang komisi kode etik yang menjatuhkan sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) terhadap Ferdy Sambo, kini resmi menjabat sebagai Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri.

Ahmad Dofiri menggantikan Komjen Pol Agung Budi Maryoto.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara serah terima jabatan di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Selasa.

Dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengingatkan pentingnya peran Irwasum dalam institusi Polri.

Ia mengatakan, selama kepemimpinan Agung Budi Maryoto, Irwasum Polri mampu mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak sembilan kali berturut-turun.

Advertisement

“Tentunya apa yang telah Pak Irwasum torehkan menjadi legasi bagi kami semua. Dan saya harap Pak Irwasum yang baru bisa pertahankan dan tentu harapannya dijaga dan ditingkatkan,” ujar Sigit.

Dalam upacara tersebut, Kapolri berterima kasih atas dedikasi dan loyalitas Komjen Pol. Agung Budi Maryoto di masa-masa akhir tugasnya memberikan teladan bagi personel Polri lainnya lewat berbagai prestasi yang ditorehnya.

Bahkan setelah purna tugas, lanjut Sigit, Irwasum Polri (Komjen Agung) telah meluncurkan sistem manajemen risiko.

“Secara khusus mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya pada Pak Irwasum Polri (Komjen Agung Budi Maryoto) yang sampai dengan hari terakhir ini, beliau sangat luar biasa dalam menunjukkan dedikasi dan loyalitas,” ujar Sigit.

Jenderal bintang empat itu berharap hal positif yang dibangun oleh Irwasum Polri harus dipertahankan dan ditingkatkan menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Advertisement

Mantan Kadiv Propam Polri itu menekankan, semua hal positif yang dilakukan itu bertujuan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik, dengan harapan mampu meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sigit berharap kepada Agung Budi Maryoto tetap bisa memberikan masukan serta saran kepada generasi penerus Polri kedepannya.

“Terima kasih atas dukungannya selama ini, Pak Irwasum sekali lagi, terima kasih banyak dan bagi kami walaupun bapak sudah pensiun bapak adalah keluarga besar Polri yang setiap saat kami tunggu masukkannya, dukungannya terhadap institusi Polri tentu terus kita harapkan. Terima kasih,” tutup Sigit.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat telegram mutasi sejumlah perwira tinggi salah satunya Komjen Ahmad Dofiri dimutasi sebagai Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri menggantikan Komjen Agung Budi Maryoto yang memasuki masa pensiun.

Penunjukkan Ahmad Dofiri sebagai Irwasum tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor: ST/498/II/KEP./2023 tanggal 26 Februari yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramobo atas nama Kapolri, Minggu (26/2).

Advertisement

Ahmad Dofiri alumni Akpol 1989 sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri, juga pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat periode November 2020 sampai dengan Oktober 2021.

Kepada Irwasum yang baru dan seluruh jajarannya, Sigit berpesan tentang tantangan yang dihadapi Polri, dinamika menurunnya kepercayaan masyarakat kepada institusi kepolisian harus dijawab dengan meningkatkan pelayanan publik.

“Anggota Polri semua harus solid, kerja sama, dan kerja keras untuk mengembalikan kepercayaan publik,” kata Sigit. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement