Connect with us

Selebritis

Melly Goeslaw Duet dengan Almarhum Nike Ardilla

Avatar

Diterbitkan

pada

Nike Ardilla saat masih adalah sahabat Melly Goeslaw. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Melly Goeslaw merilis tribute to Nike Ardilla dan menyanyikan lagu berjudul “Bertemu Kembali” bersama dengan teknologi AI.

Melly berharap generasi muda dapat mengetahui bahwa dulu pernah ada penyanyi berprestasi seperti Nike Ardilla. Sayangnya Nike meninggal dalam usia yang masih belia di saat karirnya sedang cemerlang.

“Bertemu Kembali” menceritakan tentang perpisahan yang diharapkan hanya sementara dan bukan menjadi perpisahan untuk selamanya. Melly Goeslaw mempersembahkan karya ini sebagai kado ulang tahun untuk Nike Ardilla pada 27 Desember ini.

Melly sendiri menilai proyek ini juga sebagai upaya mengenalkan generasi milenial dan gen Z pada musisi lawas yang pernah menjadi ikon musik Indonesia pada masanya, namun sudah tiada.

Mengutip detikcom, lagu “Bertemu Kembali” merupakan penggabungan dua lagu, yaitu “Duka Pasti Berlalu” yang dinyanyikan Nike Ardilla, dan lagu baru yang diciptakan Melly. Terobosan yang menggunakan AI ini dibuat menyusul karya-karya sejenis untuk musisi besar Indonesia yang telah tiada.

Advertisement

Melly meracik ulang rekaman asli suara sahabatnya. Sementara itu, video klip yang dirilis menggunakan kecerdasan buatan alias AI.

Melly mengakui bahwa proyek ini terinspirasi dari duet Dua Lipa dan Elton John dalam Cold Heart (2021) yang menggabungkan lagu Rocket Man (1972), Kiss the Bride (1983), Sacrifice (1989), dan Where’s the Shoorah? (1976).

Awalnya, Melly memilih lagu-lagu yang ditawarkan padanya. Karena dia menggemari produser Dadang S. Manaf, maka dia pun memilih lagu “Duka Pasti Berlalu”.

Namun, pihak Musica Studios kesulitan untuk mencari vokal Nike yang asli karena master vokalnya ternyata sudah terbakar. Anto Hoed dan Dimas Wibisana yang menjadi produser di proyek ini pun berupaya memisahkan vokal Nike secara manual dari musiknya.

Melly juga membutuhkan waktu tiga bulan untuk mixing vokal karena adanya perbedaan nuansa vokal antara dirinya dan Nike. Keren ya!***

Advertisement

 

 

Lanjutkan Membaca