Home Ekonomi PLN Salurkan Bantuan Oksigen untuk Rumah Sakit di Jawa Tengah

PLN Salurkan Bantuan Oksigen untuk Rumah Sakit di Jawa Tengah

oleh Ki Pujo Pandunung

 

Foto: Istimewa

FAKTUAlid – Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN Peduli kembali mendistribusikan bantuan sebanyak 12 ton oksigen untuk 5 rumah sakit di Jawa Tengah.  Sebagaimana diketahui, oksigen saat ini menjadi kebutuhan vital yang harus dipenuhi khususnya untuk penanganan pandemi Covid-19.

Kelima rumah sakit di Jateng yang menerima bantuan dari PLN adalah, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes sebanyak 2 ton, RSUD Kardinah Tegal 2 ton, RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Banyumas 2 ton, RSUD Banyumas 3 ton, dan RS PKU Muhammadiyah Gombong (Kebumen) sebanyak 3 ton.

Penyaluran bantuan dipantau oleh General Manager (GM) PLN Unit Induk Distribusi Jateng & DI Yogyakarta, M Irwansyah Putra, beserta Kepala Dinas ESDM Provinsi Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko.

“Ini merupakan upaya PLN untuk ikut berkontribusi dalam rangka percepatan pemulihan pandemi Covid-19,” kata Irwansyah, Kamis (22/7/2021).

Menurut Direktur Utama RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, dr Tri Kuncoro, kepedulian PLN yang membantu rumah sakit dalam mengatasi kekurangan oksigen ini menjadi sangat berarti. Karena saat ini oksigen banyak dibutuhkan pasien Covid-19.

“RS menjadi terbantu dengan bantuan ini. PLN sudah mengurangi rasa was-was kami atas kekurangan oksigen di Jateng. Bantuan oksigen liquid ini berguna sekali untuk menolong para pasien,” katanya.

Pihaknya berharap bantuan tersebut membawa berkah dan manfaat yang besar dalam penanganan Covid-19 khususnya di Jawa Tengah.

Dokter Panji Aryandaru selaku Direktur Penunjang Pelayanan Klinik RS PKU Muhammadiyah Gombong, menyebut bantuan oksigen ini sangat berarti bagi keselamatan pasien. Apalagi sekarang rumah sakit sangat kesulitan mendapatkan oksigen. Sementara jumlah pasien Covid-19 terus bertambah.

“Kami merawat pasien cukup banyak. Per hari ini, kami merawat 304 pasien covid dan sebagian besar pasien bergantung dengan oksigen. Untuk itu, bantuan oksigen ini sangat berarti bagi kami untuk keselamatan para pasien,” imbuh Panji.

Total PLN saat ini telah mendistribusikan bantuan oksigen ke 13 rumah sakit di Jateng dan DIY dengan total 38,3 ton. PLN terus berupaya menyalurkan bantuan oksigen ke beberapa rumah sakit lain di Jateng dan DIY. Proses pendistribusian oksigen untuk Rumah Sakit di Jateng dan DIY dilakukan bertahap lewat koordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi setempat.***

Tinggalkan Komentar