Connect with us

Ekonomi

Menko Airlangga Resmikan RS Citra Arafiq Serang, Memberikan Kesempatan Kerja Lebih Luas untuk Masyarakat Sekitar

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, meresmikan Rumah Sakit Citra Arafiq Serang, di Kota Serang, Provinsi Banten, Rabu (10/1/2024).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, meresmikan Rumah Sakit Citra Arafiq Serang, di Kota Serang, Provinsi Banten, Rabu (10/1/2024).

FAKTUAL-INDONESIA: Pandemi Covid-19 telah membuka mata semua orang tentang pentingnya kekuatan dan kemandirian pada sektor kesehatan. Hal ini membuat negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, semakin memprioritaskan sektor kesehatan dengan meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana yang mumpuni.

“Adanya rumah sakit yang jumlahnya mencukupi di masing-masing kota/kabupaten merupakan hal yang sangat penting, karena ini dapat membantu meningkatkan kapasitas pelayanan kesehatan di dalam negeri. Selain itu,  ketersediaan tempat tidur serta fasilitas lain seperti IGD, Ruang Isolasi, dan Ruang Perawatan Intensif, termasuk perawatan jantung dan kebidanan, juga perlu diperhatikan lebih lanjut,” jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam Peresmian Rumah Sakit Citra Arafiq Serang, di Kota Serang, Provinsi Banten, Rabu (10/1/2024).

Pembukaan rumah sakit baru tidak hanya menjadi tambahan dukungan untuk fasilitas kesehatan yang sudah ada, namun juga memberikan kesempatan kerja yang lebih luas untuk masyarakat di sekitarnya. Hal ini juga akan dapat memberikan multiplier effect yakni di antaranya penurunan tingkat pengangguran dan pergerakan sektor UMKM di sekitar rumah sakit, yang tentunya akan mendukung pertumbuhan ekonomi Kota Serang.

“Pembukaan rumah sakit juga menjadi wujud nyata kepedulian untuk meningkatkan akses terhadap fasilitas kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat sekitar, dan dapat memberi manfaat untuk kehidupan masyarakat yang lebih sehat dan bersih,” kata Menko Airlangga.

Rumah Sakit Citra Arafiq Serang merupakan salah satu rumah sakit yang diresmikan pada awal 2024 ini. Keberadaan rumah sakit tersebut menambah jumlah yang sebelumnya 13 rumah sakit menjadi 14 rumah sakit yang ada di Kota Serang.

Advertisement

Kehadiran Rumah Sakit Citra Arafiq Serang diharapkan dapat mengurangi beban rumah sakit lain dalam membantu kebutuhan layanan rujukan, karena rumah ini juga bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Rumah sakit yang berdiri di lahan seluas 9.500 m2 itu memang merupakan rumah sakit umum tipe C atau faskes tingkat dua yang berkapasitas 162 tempat tidur dengan program unggulan pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak.

Menko Airlangga menegaskan bahwa kesehatan, pendidikan, dan ketersediaan pangan, merupakan langkah-langkah untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Banten sebagai lumbung pangan tentunya akan selalu kami jaga. Ayo kita fight stunting, fight untuk Indonesia, dan juga fight untuk biaya kesehatan terjangkau. Termasuk dengan pembukaan cabang RS Citra Arafiq ke-4 ini, semoga akan menjadi salah satu dorongan menuju arah lebih baik dalam peningkatan akses layanan kesehatan Indonesia di masa depan,” tutup Menko Airlangga.

Turut hadir dalam acara ini yakni antara lain Pj. Gubernur Banten, Bupati Serang, Pj. Walikota Serang, Pimpinan DPRD Kota Serang, Kombes Kota Serang, Komandan Kodim 06/02 Kota Serang, dan Jajaran Direksi RS Citra Arafiq. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement