Connect with us

Politik

Kecurangan Pemilu 2024: Adian Napitupulu Yakin Semua Dukung Hak Angket, Optimis Megawati Bertemu JK

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Anggota DPR RI yang juga politisi PDI Perjuangan Adian Napitupulu optimis hak angket capai kourum dan pertemuan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dengan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla pasti terjadi

Anggota DPR RI yang juga politisi PDI Perjuangan Adian Napitupulu optimis hak angket capai kourum dan pertemuan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dengan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla pasti terjadi

FAKTUAL INDONESIA: Optimisme menggelayuti Anggota DPR RI yang juga politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu dalam masalah pengajuan hak angket untuk melawan dugaan kecurangan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024.

Adrian mengaku optimistis kuorum hak angket dapat terpenuhi karena PDIP kompak mendukung dan rakyat setuju.

Dalam bagian lain Adian juga optimistis pertemuan antara Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dengan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla atau JK pasti terjadi

“Terpenuhi, terpenuhi,” kata legislator dari Daerah Pemilihan Jawa Barat V tersebut di Gedung TKRPP, Jakarta, Jumat.

Adian juga meyakini seluruh fraksi mendukung untuk menggunakan hak angket tersebut.

Advertisement

“Kami yakin semuanya mendukung kok. Hanya memang sebagian orang sedang menghitung perolehan suaranya di Pileg (Pemilihan Anggota Legislatif), tetapi semuanya mendukung,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa secara internal PDI Perjuangan kompak untuk mendorong penggunaan hak angket.

“Menurut saya itu udah enggak perlu dipersoalkan. Kami kompak, solid, dan yang ingin kami lakukan adalah membongkar seluruh permainan di belakang ini, di mana prosesnya yang bisa kita harapkan di hak angket,” tuturnya.

Adian juga menjelaskan bahwa PDIP siap mengajukan hak angket, meskipun saat ini DPR RI sedang menjalani masa reses.

“Kalau ditanya, misalnya, apakah kita siap mengajukan hak angket? Sangat siap. Apakah rakyat juga setuju dengan hak angket? Sangat setuju. Apa menggunakan hak angket adalah hak yang konstitusional? Sangat konstitusional, dan tidak boleh ada suatu kekuatan pun yang menghambat konstitusi bergerak,” kata Adian.

Advertisement

Pertemuan Mega – JK

Adian Napitupulu juga optimistis pertemuan antara Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dengan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla atau JK pasti terjadi.

“Pasti terjadi lah (pertemuan Megawati-Jk),” ujar Adian di Gedung TKRPP, Jakarta, Jumat.

Kendati demikian, mantan aktivis 98′ itu enggan merincikan lebih lanjut terkait kapan pertemuan itu akan terselenggara. Ia mengatakan hanya mendengar kabar itu saja. “Kita dengar saja, kita ikuti,” ucapnya.

Untuk diketahui, Megawati berada di barisan partai politik pengusung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Ada empat partai politik pengusung Ganjar-Mahfud, yakni PDI Perjuangan, PPP, Perindo dan Hanura.

Advertisement

Sementara itu, JK berada pada barisan pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Adapun paslon nomor urut 1 diusung oleh Partai NasDem, PKS dan PKB.

Kabar rencana pertemuan Megawati dan JK muncul setelah Presiden Jokowi bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ke Istana Negara, Minggu (18/2). Berbagai asumsi muncul terkait pertemuan Surya Paloh dan Jokowi dilakukan untuk menarik NasDem bergabung dalam pemerintahan ke depan. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement