Connect with us

Politik

Kader PDIP Effendi Simbolon Nilai Prabowo sebagai Nakhoda Handal Memimpin Indonesia, Ganjar Gimana?

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Menhan Prabowo Subianto yang Capres dan Ketua Umum Partai Gerindra membuka Rakernas PSBI di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, Jumat

Menhan Prabowo Subianto yang Capres dan Ketua Umum Partai Gerindra membuka Rakernas PSBI di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, Jumat

FAKTUAL-INDONESIA: Anggota komisi I DPR RI, Effendi Simbolon yang kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berharap Indonesia dinakhodai pemimpin yang punya kehandalan.

Effendi Simbolon menilai secara jujur dan obyektif, figur itu ada pada bakal calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto yang Menteri Pertahanan Indonesia.

Lalu bagaimana dengan Ganjar Pranowo yang justru merupakan balon Capres dari PDIP? Simak jawaban dari Effendi Simbolon.

Effendi berharap negara sebesar Indonesia dapat dipimpin oleh orang yang memiliki figur

nakhoda handal alias pemimpin yang piawai.

Advertisement

“Saya pribadi, secara jujur berharap Indonesia dinakhodai pemimpin yang punya kehandalan. Secara jujur dan objektif, saya melihat figur itu ada di Pak Prabowo,” ujar Effendi usai mengantar Prabowo keluar lobi hotel, dimana Prabowo turut hadir dalam pembukaan Rakernas Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Menurut anggota komisi I DPR RI tersebut, Indonesia memerlukan pengganti Jokowi yang mampu berkompetisi di dunia internasional dan merajut keharmonian dari Aceh hingga Papua.

“Indonesia memerlukan nakhoda handal dan kuat untuk meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi yang sudah berhasil. Keberhasilan itu harus terus dilanjutkan,” tutur Effendi menambahkan.

Effendi juga mengatakan Indonesia membutuhkan pemimpin yang mapan secara mental, iman, dan jaringan. Saat ditanya apakah figur tersebut ada dalam diri bakal calon presiden (bacapres) PDIP Ganjar Pranowo, Effendi menegaskan tak ingin membandingkan ketokohan diantara para capres.

“Saya tidak ingin membanding-bandingkan, ya. Kan, Pak Ganjar sudah diputusan ketum kami (Ketum PDIP Megawati Soekarnoputi). Tentu saya harus patuh akan hal itu,” ungkap Effendi yang memberikan keterangan turut serta didampingi istrinya.

Advertisement

Menurut pendapat pribadinya, dirinya juga berharap Ganjar ikut bertarung melawan Prabowo dalam Pilpres 2024. “Kita berharap beliau (Ganjar) bertarung di Pilpres yang akan datang akan tetapi tadi kan pertanyaannya pertanyaan saya pribadi, kepada saya pribadi,” ucap Effendi.

Bakal undang Anies

Effendi Simbolon yang juga Ketua umum Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) juga menegaskan bahwa ia mengundang Prabowo sebagai menteri pertahanan, serta beberapa tokoh lain dalam perhelatan atau forum politik.

Tokoh-tokoh tersebut, yakni Ketua umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh, Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan serta Bacapres PDIP Ganjar Pranowo.

Effendi Simbolon mengatakan agenda atau forum politik yang akan mengundang para pemimpin elite tersebut ditujukan untuk tokoh-tokoh yang punya tanggung jawab penuh mengusung dan mencalonkan calon presiden.

Advertisement

“Kita juga ingin dengar dari Pak Surya Paloh, apa sih pak yang kamu rasakan sehingga kamu mengusung nama seorang Anies? Kita ingin mendengar, dari balik layar itu sendiri,” ujar Effendi.

Seperti diketahui, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang diisi Partai Gerindra dan PKB sudah memutuskan untuk mengusung Prabowo sebagai capres pada Pilpres 2024.

Sedangkan PDIP telah menetapkan Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo sebagai orang yang akan bertarung dalam kontestasi politik guna menggantikan jabatan Presiden Joko Widodo.

Alasan Undang Prabowo

Effendi Simbolon mengundang Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di acara Rakernas PSBI dengan alasan organisasi PSBI merapatkan unsur pertahanan dari kalangan masyarakat.

Advertisement

“Kami memutuskan untuk mengundang Menhan RI Bapak Prabowo Subianto untuk memberikan pencerahan,” kata Effendi.

Menurut Effendi, pandangan dari Prabowo dinantikan untuk pertahanan Indonesia ke depan. Ia menyinggung ke depannya Indonesia membutuhkan pemimpin yang bisa melanjutkan keberlangsungan pemerintahan Presiden Jokowi.

“Kami, sekali lagi adalah organisasi kemasyarakatan yang apolitik, yang aniaga, biarlah kami hanya menjadi bagian yang pendengar dan semua tadi mendengar dan bahkan beliau kelihatannya ingin menyampaikan lagi, tadi menyampaikan ke saya, saya akan waktu lagi begitu,” sambungnya.

Dalam bagian lain, Prabowo Subianto mengatakan Effendi merupakan kawan lamanya yang suka memberikan kritik di Komisi I DPR RI.

“Jadi karena yang undang itu namanya Effendi Simbolon, ini dibilang kawan ya kawan, tapi di Komisi I ini termasuk paling galak ini,” kata Prabowo disambut gelak tawa peserta Rakernas PSBI.

Advertisement

Prabowo dalam acara tersebut mengaku punya hubungan emosional khusus dengan marga Simbolon.

“Saya punya banyak hubungan emosional dengan marga Simbolon ini. Jadi kawan-kawan saya dulu di tentara, berpuluh tahun menjadi teman saya dalam perjuangan hadir di sini,” kata Prabowo.

Kawan-kawan yang dimaksud Prabowo juga hadir dalam agenda tersebut, antara lain Mahidin Simbolon, Romulo Simbolon hingga Ketua Umum PSBI sekaligus Anggota Komisi I DPR, Effendi Simbolon.

“Saya kira juga hubungannya sudah cukup lama, enggak usah saya sebut lah hubungan orang tua saya dengan tokoh-tokoh dari marga Simbolon,” tuturnya.

Selain itu, sosok yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra itu menyebut kehadirannya dalam forum milik PSBI merupakan bagian dari hubungan emosionalnya dengan marga Simbolon.

Advertisement

“Saya juga agak kaget karena undangan ini baru dua hari lalu, biasanya acara saya (undangannya) dua minggu sebelumnya, tapi karena ini Simbolon,” ujar Prabowo.  ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement