Connect with us

Olahraga

Kejuaraan Dunia 2023 : Latihan Perdana di Kopenhagen, Rionny: Semoga Bisa Memikul Tanggung Jawab Besar

Avatar

Diterbitkan

pada

Pebulutangkis Skuad Merah Putih ketika latihan perdana. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Walaupun cuma satu jam, para pemain bulutangkis Indonesia bisa berlatih optimal dan penuh semangat. Latihan ini dipergunakan sebagai persiapan menjelang turun bertanding pada Kejuaraan Dunia 2023 di Royal Arena, Kopenhagen, Denmark, 21-27 Agustus 2023.

Skuad Merah-Putih berlatih di practice hall yang berada di kawasan komplek Stadion Brondby, Sabtu (19/8). Tempat latihan ini ditempuh setengah jam dengan bus dari hotel.

Latihan dimulai pukul 09.00 pagi. Di sini ada tujuh lapangan yang bisa dipakai berlatih. Dua lapangan dipakai tim Jerman. Sementara lima lapangan bisa dimanfaatkan masing-masing sektor tim Garuda berlatih.

“Hari ini kita bisa berlatih untuk pertama kali. Semoga semua bisa memikul tanggung jawab besar dengan latihan semaksimal mungkin di sini. Semoga latihannya bisa maksimal untuk meraih hasil terbaik setelah di turnamen-turnamen sebelumnya kita belum berhasil,” kata Rionny Mainaky, Kabid Binpres PP PBSI saat membuka sesi latihan pagi.

Menurut Rionny, persiapan selama dua-tiga hari sebelum bertanding di Kejuaraan Dunia harus dioptimalkan. Diharapkan dengan latihan berkualitas, pemain bisa tampil optimal saat mulai turun berlaga pada Senin (21/8/2023).

Advertisement

Selain di practice hall, Indonesia juga akan mendapat jatah berlatih di main hall di Royal Arena, pada Sabtu sore. Oleh panpel, Jonatan Christie dkk., diberi sesi latihan di dua lapangan selama 90 menit mulai jam 16.00.

Sebelum memulai latihan teknik perdana, semua pemain menjalani latihan pemanasan dan kelincahan lebih dahulu dengan ceria dan semangat. Pelatih fisik Yansen Alpine, memimpin latihan ini. Setelah itu, baru dilanjutkan latihan teknik sesuai sektornya masing-masing.

Menikmati Latihan

Menurut Gregoria Mariska Tunjung, dirinya begitu menikmati porsi latihan sesi pagi. Suasana yang tenang dan sejuk, membuat dirinya bisa berlatih optimal. Bersama Putri Kusuma Wardani, pemain tunggal putri ini dilatih oleh coach Indra Widjaja.

“Saya nikmati latihan pertama ini untuk ngenakin badan dan mengembalikan feeling pukulan saja. Lumayan otot-otot badan bisa kembali untuk menghadapi latihan berikutnya dan pertandingan,” kata Gregoria.

Advertisement

Pemain ganda putra, Daniel Marthin juga menggunakan latihan ini untuk mengembalikan kondisi. “Latihan ini saya gunakan untuk mengembalikan kondisi setelah perjalanan panjang dari Jakarta. Untuk mengenakan kondisi badan. Biar tidak kaku-kaku,” tutur Daniel.

Suara senada juga disampaikan oleh pemain ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto. Dirinya memanfaatkan latihan ini untuk mengembalikan kondisi.

“Latihan ini biar tubuh lebih segar dan makin siap untuk menerima latihan yang intensitasnya pasti lebih berat jelang pertandingan,” ujar Rehan.

Sehari sebelumnya, tim bulutangkis Indonesia mendarat di Kopenhagen dalam dua kloter, Jumat (18/8/2023). Tim pertama datang sekitar jam 12.00 dan kloter kedua jam 15.00 waktu setempat. Tim Indonesia menginap di Hotel Scandic Falkoner, Kopenhagen

Mengingat kondisi pemain yang baru menempuh perjalanan panjang dari Jakarta sekitar 14 jam, oleh Rionny di hari kedatangan diputuskan tidak ada latihan. Para pemain hanya diminta menjaga kebugaran di ruangan fitnes center hotel.

Advertisement

“Kegiatan di hari pertama, bebas aktif. Bisa berlatih di ruang gym hotel. Yang penting bisa keringatan dan ada gerak dikit, serta peregangan supaya Sabtu pagi bisa lebih segar,” ujar Rionny. ****

 

Lanjutkan Membaca