Connect with us

Olahraga

Australia Terbuka 2023: Fajar/Rian Melaju Mulus, Ana/Tiwi Kerja Keras Kalahkan Wakil India

Avatar

Diterbitkan

pada

Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tanpa kesulitan mampu melaju ke babak kedua turnamen bulutangkis Sathio Group Australia Terbuka 2023. Unggulan pertama ini sukses menyudahi perlawanan Ryan Tong/Jack Wang asal Selandia Baru.

Bermain di Quay Centre, Sydney Olympic Park, Sydney, Selasa (1/8/2023), Fajar/Rian memetik kemenangan dengan skor 21-14, 21-9 dalam durasi 23 menit. Meski di atas kertas berbeda kualitas, Fajar/Rian menyebut tidak mau memandang remeh lawan.

“Hari ini kita akui, lawan juga lumayan bagus. Kita tidak mau lengah. Harus bisa menyerang terus. Kalau main-main, bisa berbahaya,” kata Rian.

Menurut Fajar, karena ini turnamen ketiga setelah Korea dan Jepang, dirinya bersama Rian harus pintar menjaga kondisi. Selain itu, juga harus lebin pintar dalam bermain.

“Ini turnamen ketiga. Jadi kami harus lebih pintar dengan tidak mengumbar tenaga dan menjaga kondisi agar tetap prima dalam bertanding. Untung besok kami rehat, sehingga bisa digunakan untuk pemulihan,” ujar Fajar.

Advertisement

Ditambahkan oleh Rian, karena Australia Terbuka adalah turnamen ketiga secara beruntun, dirinya perlu menjaga kondisi secara baik dan jangan sampai sakit atau cedera. Selain itu, dia juga tetap perlu beradaptasi dengan cuaca dan karakter shuttlecock yang berbeda.

“Meskipun begitu kami tetap perlu beradaptasi karena tiap negara, kondisinya berbeda. Kami tetap perlu lebih adaptasi dengan karakter shuttlecock di sini yang berbeda dan kurang stabil,” sebut Rian.

Kemenangan juga dipetik Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. Ganda putri ini menang 21-11, 14-21, 21-17 atas Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa asal India.

“Alhamdulillah bisa bermain baik. Kami bisa menerapkan pola dengan bermain lebih taktis,” kata Ana, sapaan akrab Febriana.

Sementara di gim kedua, lawan bisa unggul karena mengubah pola dengan lebih menyerang. Selain itu, Ana/Tiwi malah banyak mati sendiri.

Advertisement

“Gim ketiga, kami mencoba bermain lebih baik. Memang lawan menerapkan pola bermain no lob. Kami sendiri juga tidak mau main bertahan terus karena juga malah banyak mati sendiri. Kami harus menyerang untuk menang,” tambah Tiwi.

Dengan kemenangan ini, Ana/Tiwi di babak kedua akan bersua Rena Miyura/Ayako Sakuramoto dari Jepang. Tahun lalu di tempat yang sama, wakil Indonesia ini takluk dari wakil Negeri Sakura tersebut.

“Untuk melawan wakil Jepang di babak kedua, kami harus bisa bermain lebih siap lagi. Kami ingin membalas kekalahan tahun lalu,” tekad Tiwi ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement