Connect with us

Olahraga

Piala Dunia U20 Batal, Turnamen Sepakbola Piala KONI Pusat IV Dipercepat dengan Diikuti Jepang dan Singapura

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mendukung pelaksanaan turnamen sepakbola Piala Ketua Umum KONI Pusat IV yang diselenggarakan bersama IPO untuk keempat kalinya tahun 2023

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman mendukung pelaksanaan turnamen sepakbola Piala Ketua Umum KONI Pusat IV yang diselenggarakan bersama IPO untuk keempat kalinya tahun 2023

FAKTUAL-INDONESIA: Turnamen sepakbola Piala Bergilir Ketua Umum KONI Pusat IV tahun 2023 makin melebarkan sayap dengan mengundang tim dari Jepang dan Singapura.

Selain itu, batalnya Piala Dunia U20 digelar di Indonesia, membuat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bersama penyelenggara Yayasan Insan Peduli Olahraga (IPO) mempercepat pelaksanaan turnamen dari Juli menjadi Juni 2023.

“Kami segera menyusun jadwal pelaksanaan dipercepat ke bulan Juni atau dimajukan satu bulan dari rencana awal. Ini untuk makin menggelorakan pembinaan sepakbola usia dini di Tanah Air setelah batalnya pelaksanaan Piala Dunia U20 di Indonesia,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Taufik Panji Alam kepada wartawan Jumat (31/3/2023).

Taufik mengemukakan, event paling bergengsi untuk sepakbola usia dini ini yang digelar IPO ini makin meningkat setelah Jepang dan Singapura akan ikut bertanding.

”Peserta diikuti sekitar 48 SSB dan Akademi kenamaan di Indonesia perhelatan ini rencana akan di ikuti oleh tim peserta dari Negara Jepang Albirex Niigata dan Singapore, ini masih dalam proses kepada tim, rencana kita akan gelar di Jakarta atau Bogor masih dalam proses verifikasi,” ujar Taufik.

Advertisement

Disebutkan, bersama Insan Peduli Olahraga (IPO) yang menjadi salah satu oparator pelaksana Piala Bergilir KONI Pusat ke IV, panitia mempertandingkan Katagori Usia 10, 12 dan 15 tahun. Pelaksanaan akan di gelar selama 4 hari pada bulan Juni 2023 di Jakarta dan Sentul Bogor Jawa Barat.

Pelaksanaan nya dari seri Kabupaten Kota hingga Provinsi juara nya langsung ke seri Nasional. “Semoga di pelaksanaan ini bisa mencetak pemain muda berbakat di tanah air untuk membawa sepakbola Indonesia di kancah Dunia,” harap Taufik.

Dia mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Noorman beserta jajaran mulai dari Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Sekjen KONI Pusat, Ketua Bid Pulata KONI Pusat dan Vivin Sasongko Bendahara KONI Pusat serta Mantan legenda pemain Timnas Indonesia, Herman Pulalo dan para Tim Penyelenggara yang siap membantu mensukseskan acara ini dengan memberikan satu wadah Kompetisi sepakbola di daerah kepada para pemain muda di tanah air dan semoga ini menjadi pembinaan dalam mencetak olahraga prestasi di Indonesia.

Menanggapi tentang pembatalan pelaksanaan Piala Dunia U20 di Indonesia, dia sangat menyayangkan dan mempertanyakan kenapa ini bisa terjadi di sepakbola Indonesia.  Padahal ini salah satu cara membangkitkan sepakbola tanah air dengan pengalaman dan ujian terbaru Timnas Indonesia U20.

“Apalagi ini makna nya luas hingga dunia, di usia 20 tahun kedepan Indonesia sudah bisa memiliki timnas elite nya karena sudah mendapat panggung di kancah dunia sehingga di usia senior mereka secara mental sudah bisa berada di atas negara Asia bukan hanya itu berbagai hukuman dari FIFA sudah di depan mata,” ucap Taufik. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement