Connect with us

News

Ulu Kasok, Raja Ampatnya Sumatera

Avatar

Diterbitkan

pada

Ulu Kasok. (Ist)

Ulu Kasok. (Ist)

FAKTUALid  – Tahukah Anda di Pulau Sumatera ada Raja Ampatnhya yang bisa diandalkan dan tak kalah menarik dibanding pulau yang di Papua Barat tersebut.

Pesona yang ditawarkan seakan membuat raga berada di surga. Tempat ini menyadarkanmu betapa kayanya keindahan alam Indonesia. Panoramanya yang unik selalu dibanjiri oleh wisatawan yang ingin memuaskan rasa penasaran mereka.

Destinasi yang satu ini ialah Ulu Kasok. Kawasan ini terbentuk dari gundukan bukit-bukit yang dulunya merupakan sebuah desa.

Akan tetapi, pembangunan PLTA Koto Panjang membuat masyarakat dari desa ini dipindahkan dan desa ini pun ditenggelamkan.

Namun, beberapa masih menyisakan daratan, seperti gugusan pulau yang digenangi air tawar.

Advertisement

Ulu Kasok terletak di Pulau Gadang, Tj. Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Anda bisa memilih Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II (Kota Pekanbaru) sebagai bandara tujuan jika menggunakan transportasi udara. Kemudian, sambung perjalanan menggunakan transportasi darat kurang lebih 90 km dalam waktu dua jam hingga sampai di Ulu Kasok.

Setibanya di lokasi Anda bisa memarkir kendaraan terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Ulu Kasok sejauh 500 meter.

Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000,  untuk masuk ke sini. Jika merasa lelah mendaki, tak usah ragu untuk memanggil ojek atau dapat menyewa payung seharga Rp 5.000, kalau kepanasan.

Tidak usah khawatir karena lelahmu akan terbayarkan saat berada di puncak.

Advertisement

Senyum semringah akan menghiasi perjalanan Anda kali ini. Saat berada di puncak Anda  akan disuguhi dengan eloknya pemandangan kumpulan bukit-bukit layaknya pulau.

Jangan lupa abadikan momen-momenmu di sini dengan berswafoto atau menggunakan jasa fotografer di spot-spot yang telah disediakan. Perahu, kapal terbang, gembok, sarang burung, rangkaian bunga cita, rumah pohon, bebas tinggal dipilih sesuai dengan seleramu.

Setelah itu, cobalah turun ke bawah untuk berkeliling di pulau-pulau tersebut menggunakan perahu yang telah disediakan seharga Rp15.000. Anda akan merasakan sensasi sesungguhnya saat menaiki perahu ini. Gundukan pulau akan terlihat secara jelas.

Oh ya, Anda  juga bisa memancing apabila kamu tertarik, Jika kamu merasa lapar dan lupa membawa bekal, jangan khawatir karena terdapat beberapa penjual makanan di sini dan tentunya dengan latar belakang Ulu Kasok nan memesona. Wah, asyik banget yaa..!!

Pemandangan sore hari tak kalah memukau. Oleh karena itu, pastikan Anda menikmatinya, ya. Setelah berkunjung, jangan lupa membawa cendera mata berupa kaus bertuliskan Ulu Kasok.

Advertisement

Anda penasaran bukan? Silahkan untuk berwisata ke Ulu Kasok. ***

 

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *