Home NasionalNusantara Wali Kota Semarang Ancam Tindak Tegas Distributor Obat Naikkan Harga

Wali Kota Semarang Ancam Tindak Tegas Distributor Obat Naikkan Harga

oleh Ki Pujo Pandunung
  •  

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (Istimewa)

FAKTUALid – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menegaskan bakal menindak tegas semua distributor obat yang telah menaikkan harga obat di saat krisis pandemi Covid-19. Pihaknya mengaku sudah mendapat temuan dan laporan masyarakat terkait kenaikan harga obat di apotek hingga level distributor.

“Kami terus telusuri temuan kenaikan harga sejumlah obat di Apotek di tingkat distributor. Dalam sidak ke sejumlah Apotek, diketahui sumbernya dari distributor yang telah mematok harga relatif tinggi,” tegas Hendi, sapaan akrab Wali Kota, di sentra vaksinasi Kantor Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Kamis (8/7/2021).

Menurut Hendi, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Polrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Semarang, Transiswara Adhi, guna memburu distributor obat nakal tersebut.

Semua jajaran ditekankan Hendi, melakukan koordinasi untuk menindaklanjuti data temuan Pemerintah Kota Semarang, dengan melakukan penindakan hukum.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat yang terbuka memberikan informasi terkait kesulitan dalam mendapatkan obat dengan harga yang terjangkau. Kami telah pula mendatangi apotek-apotek untuk mengumpulkan data untuk Kepolisian dan Kejaksaan agar dapat melakukan penindakan,” terang Hendi.

Ia menyebut, tim penertiban harga obat di Kota Semarang sudah bergerak. Tim melakukan pemantauan sekaligus pembinaan, baik di tingkat Apotek maupun distributor. Pada intinya upaya penertiban harga obat sekarang masih terus berproses.

Penindakan terhadap pihak-pihak yang terbukti tidak menaati ketentuan harga eceran tertinggi dari pemerintah pusat, akan dilakukan sesuai hukum dan ketentuan yang berlaku. Untuk itu Pemerintah Kota Semarang menyerahkan sepenuhnya pada Kepolisian dan Kejaksaan.***

Tinggalkan Komentar