Connect with us

Nusantara

Tuntut Peningkatan Kesejahteraan, Ojol Demo Di Semarang

Avatar

Diterbitkan

pada

Demo driver online. (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ratusan driver online baik roda dua maupun roda empat, melakukan aksi demo di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Senin (7/3/2022).

Aksi tersebut mereka gelar untuk menuntut adanya payung hukum secara jelas, serta ada kepastian terkait peningkatan kesejahteraan.

Massa yang tergabung dalam Driver Online Bergerak Jawa Tengah ini,  melakukan demo demi perjuangan peningkatan kualitas hidup para pengemudi online.

“Situasi saat ini memberatkan kami, terutama dengan diturunkannya tarif pengantaran makanan kendaraan roda dua yang sebelumnya Rp7.200 untuk jarak pengantaran 0 hingga 4 km berubah menjadi Rp6.400,” tegas Ketua Presidium Driver Online Jateng, Thomas Aquino Budhi Darmawan.

Dia menilai, penurunan tarif pengantaran makanan dilakukan sepihak oleh Aplikator, tanpa melakukan dialog dengan driver online. Selain semua driver juga menuntut adanya aturan dan perlindungan hukum yang lebih jelas.

Advertisement

Sejumlah tuntutan dilayangkan dalam demo tersebut. Antara main harus ada perlindungan terhadap driver ojol khususnya terkait dengan kesejahteraan, keamanan dan kenyamanan bekerja.

“Kami menuntut ada kebijakan sistem aplikasi melibatkan peran perwakilan driver, tarif yang manusiawi, kuota driver lewat persetujuan pemerintah dan perwakilan driver, serta jaminan tenaga kerja,” katanya.

Selain itu, para driver juga menuntut adanya aturan hukum bagi ojek online yang lebih jelas, seperti adanya Undang-Undang yang mengatur ojek online dan ada Perda atau peraturan lain di tingkat provinsi.

Menanggapi demo driver online tersebut, Head of Regional Corporate Affairs Gojek for Central West Java, Mulawarman, membantah jika perusahaannya disebut tidak memperhatikan kesejahteraan drivernya.

Sejak awal berdiri, Gojek  senantiasa melakukan berbagai upaya dengan mengedepankan aspek keamanan mitra drivernya,” ujarnya.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca