Connect with us

Nusantara

Terpapar PMK, Kirab Malam 1 Suro Keraton Surakarta Terancam Tanpa Kerbau Bule

Avatar

Diterbitkan

pada

Kerbau bule milik Keraton Surakarta divaksin PMK. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA:  Kerbau bule keturunan Kyai Slamet, terancam tidak dikirab pada kirab malam 1 Suro Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, pada tanggal 29 Juli mendatang.

Pasalnya sejumlah kerbau  saat ini masih  menjalani perawatan karena terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK). Hari ini, Sabtu (23/7/2022), Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Solo, memeriksa kesehatan sekaligus memberikan vaksin PMK.

“Hari ini kami bersama dengan Sat Brimob Polresta Surakarta,  memeriksa kesehatan kerbau bule yang kemarin terjangkit PMK dan memberikan vaksin ke kerbau yang sehat,” jelas Kepala Bidang Veteriner  DPKPP Kota Solo, Agus Waskito.

Kerbau-kerbau bule yang divaksin itu berada di utara Alun-Alun Selatan Keraton Surakarta. Menurut Agus, kerbau bule yang terpapar PMK butuh waktu penyembuhan minimal 2 minggu. Sehingga kemungkinan besar kerbau-kerbau itu tidak bisa dikirab.

“Pemulihan paling cepat 2 minggu tapi biaa juga sampai  1 hingga 2 bulan tergantung perawatannya,” jelasnya lagi.

Advertisement

Menurut Agus jika perawatannya tepat dan diberikan makan yang tepat maka penyembuhannya akan cepat. Dirinya menyarankan agar kerbau-kerbau tersebut dibiarkan beristirahat dan tidak dipaksakan ikut kirab.

Ketua pengelola Alun-Alun Selatan, GKR Timoer Kusuma Dewayani mengatakan melihat kondisi kerbau bule pusaka Keraton Surakarta tersebut maka kemungkinan besar tidak akan dikirab.

“Pemulihan butuh waktu 2 minggu, padahal 1 Suro tinggal 1 minggu. Kalau dipaksanakan nanti malah tambah sakit,” kata GKR Timoer.

Timoer mengungkapkan kerbau-kerbau yang terjangkit PMK tersebut adalah kelompok inti yang biasa dikirab. Sedangkan yang lain belum berpengalaman.

“Saat ini fokus pemulihan dan pengobatan dibanding kirab 1 Suro,” katanya lagi.

Advertisement

Pihaknya juga telah menghimbau kepada warga untuk tidak mendekat dan memberikan makan pada hewan-hewan itu. Karena diduga kerbau bule, Apon yang mati kemarin terpapar PMK melalui perantara manusia. ***

Lanjutkan Membaca