Connect with us

Nusantara

Gempa Guncang Papua Barat dan Papua, Sorong dan Nabire Bergetar

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Sorong, Papua Barat dan Nabire, Papua diguncang gempa Kamis (3/3/2022)

Sorong, Papua Barat dan Nabire, Papua diguncang gempa Kamis (3/3/2022)

FAKTUAL-INDONESIA: Dua gempa mengguncang Papua Barat dan Papua yang terjadi di Sorong dan Nabire dengan selisih waktu delapan jam.

Gempa yang melanda Sorong terjadi Kamis (3/3/2022) pukul 08.25 WIT dengan magnitudo 5,0 namun tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Sedangkan delapan jam sebelumnya gempa mengguncang Nabire berkekuatan magnitudo 4,9 pukul 00:14 WIT.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BMKG Sorong, pusat gempa bumi berada  pada koordinat 0.58 Lintang Selatan dan 131.35 Bujur Timur yang berjarak 34 km timur laut Kota Sorong dengan kedalaman 12 km.

Berdasarkan analisis BMKG, gempa bumi di Kota Sorong tersebut tidak berpotensi tsunami jika dilihat dari magnitudo atau kekuatan gempanya.

Advertisement

Wiwin warga kawasan Malanu Kota Sorong mengaku merasakan guncangan gempa bumi tersebut dan lari keluar rumah untuk menghindari dampak gempa.

“Guncangan gempa kuat sekali, saya kaget langsung menyuruh anak saya dan suami keluar ke halaman rumah,” ujarnya seperti dilansir antaranews.com

Hal senada juga dikatakan oleh Ronal, warga pesisir pantai Tampa Garam Kota Sorong. Dirinya bersama keluarga juga keluar dari dalam rumah saat merasakan guncangan gempa bumi tersebut.

Sementara itu, menurut Badan Meteorlogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat gempa tersebut berada pada koordinat 3.88 LS-135.56 BT atau 46km barat daya Nabire dengan kedalaman 20km.

Gempa dirasakan dalam skala MMI II-III di Nabire.

Advertisement

Skala II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sedangkan skala III berarti getaran dirasakan nyata di dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu.

Guncangan gempa itu, menurut laporan BMKG, dirasakan di daerah Piru III MMI. “Getaran dirasakan nyata di dalam rumah; terasa getaran seakan akan truk berlalu. Gempa dirasakan dalam skala MMI II-III di Nabire. Skala II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III berarti getaran dirasakan nyata di dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu,”demikian informasi yang disampaikan BMKG melalui akun media sosialnya. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement