Connect with us

Nasional

Sistem One Way Diberlakukan di Tol Cipali, Warga Jakarta Diminta Menghindar

Avatar

Diterbitkan

pada

Jalur tol Cipali mulai memberlakukan one way. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Jalan tol Cikopo-Paliaman (Cipali) resmi memberlakukan one way mulai Selasa (18/4/2023) atau H-4 Lebaran. Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Pol Wibowo meminta pemudik yang mengarah ke Jakarta dari daerah timur untuk tidak masuk ke Jalan tol Cipali.

Pemberlakuan one way di jalur tol Cipali resmi pada Selasa siang ini, pukul 14:00 WIB. Kombes Pol Wibowo mengatakan, one way diberlakukan mulai dari KM 72 Tol Cipali.

“Masyarakat khususnya yang akan pakai tol ke arah Jakarta untuk tidak memasuki tol karena sekarang sedang ada pembersihan khususnya jalur mengarah ke Jakarta,” kata Wibowo dalam keterangannya.

Wibowo mengatakan, pemudik yang mengarah ke Jakarta diminta untuk menggunakan jalur arteri untuk kemudian masuk ke ruas tol di kawasan Cikopo, Purwakarta. Karena dari KM 72 hingga ke Jakarta tidak diberlakukan one way.

“Atau masuk ke Tol Sadang dan Purbaleunyi, masuk ke Jakarta,” ucapnya.

Advertisement

Dia pun meminta, kerja sama para pemudik itu karena pemberlakuan rekayasa one way dilakukan demi kenyamanan arus lalu lintas selama momen mudik Lebaran 2023.

Sebelumnya, Korlantas Polri mulai hari ini memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way di Tol Cipali hingga Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, guna mengantisipasi terjadinya kepadatan arus mudik yang di ruas jalan tol.

“Cara bertindak one way akan dibuka pada pukul 14.30 WIB,” kata Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Korlantas Polri Kombes Pol. Eddy Junaedi di Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Eddy menjelaskan, sistem satu arah ini diberlakukan dari KM 72 Tol Cipali sampai dengan KM 414 Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca