Connect with us

Ibu Kota

Insiden Pagar Pembatas Tribun JIS Roboh, Pemprov DKI Lakukan Evaluasi

Avatar

Diterbitkan

pada

Pagar Pembatas Tribun JIS Roboh

Pagar pembatas tribun JIS Roboh saat Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) pada 24 Juli 2022. Pagar pembatas penonton zona utara JIS roboh karena tidak dapat menahan beban orang yang duduk dan bersandar di pagar tersebut. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

FAKTUAL-INDONESIA: Dalam acara Grand Launching Jakarta International Stadium (JIS) Sabtu kemarin (24/7/2022), terdapat insiden sebuah pagar pembatas tribun JIS roboh.

Menurut Gubenernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, robohnya pagar terjadi diduga karena semangat para pendukung klub sepak bola Persija, Jakmania.

“Mungkin karena semangat dan kerinduan The Jakmania yang tak terbendung lagi setelah bertahun-tahun, akhirnya bisa kembali mendukung Persija di kandangnya sendiri,” tulis Anies lewat akun Instagram @aniesbaswedan.

Insiden pagar pembatas tribun JIS roboh membuat Pemprov DKI mengevaluasi sarana dan prasarana di Jakarta International Stadium (JIS).

Baca juga: Persija Jakarta Berhasil Menahan Imbang Chonburi FC Skor 3-3 pada Grand Opening JIS

“Apakah memang waktu dibangun masih kurang kuat, nanti kami lihat, atau memang kurang kuat atau pagernya, atau lagi semangat-semangatnya. Kita hormati, kita hargain dan kita tingkatkan lagi,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Senin (25/7/2022).

Advertisement

Menurut Riza, ada sejumlah indikator yang dievaluasi, seperti sisi konstruksi hingga faktor penonton yang saat itu bersemangat.

Pihaknya juga mengevaluasi kapasitas penonton di tribun agar tidak menumpuk di satu titik sehingga mengurangi bobot penonton.

Riza melihat peristiwa ini sebagai pembelajaran bagi semua pihak untuk menjaga dan merawat JIS. Dia juga menyoroti kapasitas penonton agar tidak menumpuk.

“Ini jadi pembelajaran buat semua, untuk kami menjaga dan merawat,” ujarnya, melansir Antara.

Baca juga: Gubernur Anies Baswedan Gelorakan JIS menjadi Motor Penggerak Kemajuan

Sebagaimana diketahui, pagar besi yang membatasi penonton sebelah utara JIS ambruk roboh. Pagar itu terletak di area tribun yang ditempati oleh para pendukung Persija, The Jakmania sesaat sebelum laga persahabatan Persija melawan Chonburi dari Thailand dimulai.

Advertisement

Tidak ada korban jiwa atau luka dalam insiden pagar pembatas tribun JIS roboh dan pertandingan kemudian tetap berlanjut. Setelahnya, para Jakmania membantu petugas mendirikan pagar kembali. Belum diketahui penyebab penonton itu tak sadarkan diri.***

Lanjutkan Membaca