Connect with us

Ibu Kota

Dibuka untuk Umum, Intip Fasilitas di Perpustakaan Taman Ismail Marzuki Jakarta

Avatar

Diterbitkan

pada

Perpustakaan Taman Ismail Marzuki

Perpustakaan Taman Ismail Marzuki (TIM) dibuka kembali pada Kamis, 7 Juli 2022 (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Setelah ramai diperbincangan dan ditunggu-tunggu, akhirnya Perpustakaan Taman Ismail Marzuki (TIM) DKI Jakarta atau Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumen Sastra (PDS) Hans Bague (HB) kembali dibuka untuk umum pada Kamis, 7 Juli 2022.

Sejak dahulu, TIM dikenal sebagai salah satu pusat kesenian dan kebudayaan di Jakarta. Setelah direvitalisasi dan perpustakaannya dibuka, tempat ini wajib banget dikunjungi bagi warga Ibukota dan sekitarnya.

Meski Perpustakaan Taman Ismail Marzuki resmi dibuka untuk umum, namun masih dibatasi 300 orang dan wajib daftar secara online bila ingin berkunjung.

Baca juga: DKI Luncurkan Situs Mikro Museum untuk Perkuat Informasi Permuseuman

“Kami buka 300 kuota untuk pendaftar, jika ada pengunjung yang keluar dari perpustakaan, yang berada di antrean bisa mendaftar dan masuk,” kata Humas Perpustakaan Umum Jakarta Irfan, melansir Antara, Kamis (14/7/2022).

Penjadwalan kunjungan dapat dilakukan melalui laman perpustakaan.jakarta.go.id. Terkait jam operasional, ia menjelaskan perpustakaan Taman Ismail Marzuki dibuka pada pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Advertisement

Bagi yang belum mendaftar namun sudah datang ke lokasi, Irfan menjelaskan pengunjung tetap diperbolehkan mendaftarkan diri di ruang utama perpustakaan selama kuota masih tersedia.

Perpustakaan Taman Ismail Marzuki

Bilik bermain anak di Perpustakaan TIM DKI Jakarta yang di peruntukkan bagi anak-anak usia balita (Foto: Istimewa)

Mengenai fasilitas, Irfan menjelaskan semua itu berada di lantai 4, 5, dan 6 Gedung Panjang, satu lokasi dengan PDS HB Jassin.

Di lantai 4, terdapat koleksi buku untuk anak dan keluarga, serta ruang bermain bagi anak yang tersedia dalam indoor dan outdoor. Ruang bermian indoor diperuntukkan bagi anak-anak usia balita karena banyak dari mereka yang masih belum dapat berjalan.

Seperti perpustakaan pada umumnya, terdapat bilik privasi yang memberikan ruang khusus bagi pengunjung agar bisa fokus yang dapat di isi oleh 2 orang.

Baca juga: Museum BI Resmi Dibuka Kembali Secara Luring untuk Masyarakat Umum

Menurut Irfan, hamparan karpet yang diisi beberapa kursi bantal menjadi spot favorit karena selalu penuh pengunjung.

Perpustakaan Jakarta memiliki 138.000 koleksi buku dan PDS HB Jassin memiliki 4.395 koleksi buku. Buku-buku di Perpustakaan Jakarta berisi buku-buku umum, buku-buku anak, hingga tentang Jakarta yang relevan dan sesuai kebutuhan.

Advertisement
Perpustakaan Taman Ismail Marzuki

Wajah baru Perpustakaan Taman Ismail Marzuki (Foto: Antara)

Sedangkan, koleksi di PDS HB Jassin lebih kepada pendokumentasian karya sastra. Termasuk tulisan tangan sastrawan-sastrawan besar, seperti Chairil Anwar, WS Rendra, dan lainnya.

Sebagai informasi, Perpustakaan Taman Ismail Marzuki (TIM) ini sudah dirancang sejak tahun 2019 oleh arsitek Andra Matin. Ruang perpustakaan ini terdiri dari tiga lantai dengan interior hangat dan modern. Tersedia koleksi buku dari berbagai genre, fasilitas bilik diskusi, dan ruang siaran yang bisa diakses oleh anggota perpustakaan.

Kabar terkini seputar revitalisasi Taman Ismail Marzuki sudah hampir selesai. Walaupun belum sepenuhnya rampung, namun pengunjung sudah dapat berkunjung ke kawasan Taman Ismail Marzuki dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.***

Baca juga: Lokasi Wisata yang Instagramable di Jakarta Ini, Bisa Kamu Kunjungi!

Lanjutkan Membaca