Home NasionalIbu Kota Pasukan Oranye LH Sapu Bersihkan Sampah di Kali Item dan Sunter

Pasukan Oranye LH Sapu Bersihkan Sampah di Kali Item dan Sunter

oleh Bambang

pasuka Orange sedang mengangkut tumpukan sampah. (ist)

FAKTUALid – Puluhan petugas regu comot berwarna oranye dari Lingkungan Hidup (LH) Kecamatan Kemayoran dikerahkan pada kegiatan gerebek lumpur di kawasan, Jalan Letjend Suprapto RW 08 Sumur Batu dan kerja bakti di kawasan, Jalan Angkasa Dalam I RW 02 Gunung Sahari Selatan (GSS) Minggu (13/6/2021).

Selain, mengangkut sampah-sampah hasil gotong royong aksi bersih-bersih. Regu comot pasukan oranye ini juga membersihkan sampah yang terapung di atas Kali Item yang mengalir ke Kali Sunter. Tampak terlihat, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) LH Kecamatan Kemayoran, H. M. Yamin terjun langsung di kali ini menaiki perahu rakit dengan peralatan gala jaring untuk membersihkan sampah di kali ini menjadi tontotan menarik para pengguna jalan yang melintas di kawasan ini. “Patut dicontoh, kerja pak Kasatpel LH Kecamatan Kemayoran yang baru ini, dia terjun langsung memimpin pembersihan sampah di kali,” ucap Budi warga Kevanatan Kemayoran, Minggu (13/6/2021).

Sementara itu, Kasatpel LH Kecamatan Kemayoran, H. M. Yamin menerangkan, pembersihan sampah di Kali Sunter Sumur Batu Kemayoran dalam upaya menjaga kebersihan kali dari sampah sehingga aliran airnya menjadi lancar. “Ada 15 personil gabungan terdiri dari petugas LH dan petugas UPK Badan Air. Sampah yang berhasil dibersihkan ada 15 M3 yang diresidu dan 5 M3 diangkut 1 Truk Typer besar dan 1 pickup UPK Badan Air Dinas LH,” ucap Yamin usai kerja bakti.

Yamin menambahkan, bersamaan dengan kegiatan ini pihaknya juga membantu pada kegiatan gerebek lumpur dan kerja bakti di dua titik kawasan antara, Jalan Letjend Suprapto RW 08 Sumur Batu dan Jalan Angkasa Dalam I RW 02 Gunung Sahari Selatan (GSS), terangkut sekitar 20 M3 volume sampah.

“Totalnya ada 30 petugas LH yang dikerahkan hari ini. Kami juga merapihkan dan memangkas pohon yang menutupi area gedung Lahan Pembuangan Sampah (LPS) Ramah Lingkungan Jalan Dakota Raya kolaborasi dengan petugas Pertamanan dan Hutan Kota. Dari 12 M3 sampah yang dibersihkan. Seluruh sampah langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat menggunakan armada truk typer besar,” jelasnya, (***)

You may also like

Tinggalkan Komentar