Connect with us

Nasional

Gelar Coffee Morning Bareng Awak Media, Sesjen Watannas RI Ajak Pers Sebarkan Berita Benar dan Akurat Jelang Pemilu 2024

Avatar

Diterbitkan

pada

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Wantannas RI Laksdya TNI Dadi Hartanto. (Foto: Bambang)

FAKTUAL-INDONESIA: Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) mengajak segenap lapisan masyarakat menjaga kesatuan dan persatuan jelang hajatan demokrasi Pemilu 2024 yang tinggal menghitung hari.

Harapan tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sesjen) Wantannas RI Laksdya TNI Dadi Hartanto ketika menggelar Coffee Morning bersama Awak Media, Kamis (23/11/2023), di Ruang Wawasan Nusantara Kantor Setjen Watannas RI, jl. Merdeka Barat No 15, Jakarta.

“Dukungan atau pilihan boleh berbeda-beda, tapi mari kita semua berdemokrasi secara bermartabat demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang kita cintai bersama ini,” kata Laksdya Dadi Hartanto di hadapan Awak Media dan pejabat Eselon Setjen Watannas RI yang hadir di acara tersebut. “Mari kira semua mengawal Pemilu 2024 dengan menjunjung tinggi asas jujur dan adil (jurdil).

Watannas RI, terang Laksdya Dadi Hartanto, memiliki tugas menjaga sekaligus melestarikan idiologi Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karenanya seluruh lapasan masyarakat punya peran dan tugas bersama dalam menjalankannya.

“Watannas memiliki tugas salah satunya menjamin keselamatan bangsa dan negara dari ancaman kedaulatan , persatuan dan kesatuan,” ucap Laksdya Dadi Hartanto.

Advertisement

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Wantannas RI Laksdya TNI Dadi Hartanto berfoto bersama Awak Media ketika menggelar Coffee Morning bersama Awak Media, Kamis (23/11/2023), di Ruang Wawasan Nusantara Kantor Setjen Watannas RI, jl. Merdeka Barat No 15, Jakarta. (Foto: Humas Watannas RI)

Dalam konteks empat pilar demokrasi, terang Laksdya Dadi Hartanto, Watannas memiliki tugas untuk memastikan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika bukan hanya menjadi dasar filosofis tapi harus diimplementasikan dalam kebijakan dan program pemerintah secara nyata.

“Termasuk dalam menghadapi Pemilu 2024 yang tidak lama lagi akan dilangsungkan, harus terlaksana dengan jujur dan adil,” tutur Laksdya Dadi Hartanto. “Pada titik ini peran wartawan atau awak media sangat penting. Peran pers sangat penting dalam menyebarkan berita seputar Pemilu. Pers punya tanggung jawab untuk menyebarkan atau bahkan mengkritisi berlangsungnya Pemilu agar berjalan jujur dan adil dengan mengedepankan nurani dalam menyebarkan berita yang benar dan akurat seputar Pemilu,” ujar Laksdya Dadi Hartanto. “Mari mengawasi proses demokrasi Pemilu dengan menghadirkan berita kritis tapi berimbang karena rekan pers memiliki tanggung jawab agar keberlangsungan pesta demokrasi berjalan aman dan lancar,”sambungnya.

Ditambahkan Laksdya Dadi Hartanto, dalam menghadapi Pemilu serentak 2024 mendatang pers punya tanggung jawab menyebarkan informasi yang obyektif dan akurat tentang proses pemilu untuk membantu pemilih membuat keputusan yang tepat. Mengawasi proses demokrasi melalui pemberitaan yang kritis dan berimbang serta ikut mengawasi jalannya Pemilu agar lancar, jujur dan adil. Pers juga memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Pemilu agar mereka dapat berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab.

“Pemilu serentak 2024 merupakan momen penting bagi demokrasi Indonesia. Oleh karena itu, kerja sama antara Watannas sebagai Pembina Ketahanan Nasional dan Pers sebagai bagian dari Pilar Demokrasi sangat penting untuk memastikan Pemilu berjalan dengan lancar, jujur dan adil. Saya mengajak rekan-rekan pers untuk menyukseskan jalannya Pemilu Serentah 2024, sebagai bagian dari komitmen bersama dalam memperkuat demikrasi di Indonesia,” jelas Laksdya Dadi Hartanto memngakhiri sambutan. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca