Connect with us

Kuliner

8 Minuman Herbal Penghangat Tubuh, Cocok Diminum Saat Musim Hujan

Avatar

Diterbitkan

pada

minuman herbal penghangat tubuh

Ilustrasi Wedang Ronde (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika musim penghujan tiba, suhu udara menurun dan menjadi lebih dingin. Musim hujan kerap mengganggu aktivitas karena udara yang dingin. Tentu, kondisi tersebut sangat perlu untuk menghangatkan diri. Sebagai pilihan, kamu bisa memilih minuman herbal penghangat tubuh.

Selain mudah didapat, minuman herbal penghangat tubuh tersebut juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Minuman herbal diyakini dapat menaikkan suhu tubuh secara alami serta bisa menguatkan kekebalan tubuh di saat musim penghujan datang.

Minuman herbal juga bisa dibuat sendiri dengan mudah. Untuk itu, tidak ada salahnya kamu mencoba menghangatkan diri dengan minuman herbal penghangat tubuh yang merupakan minuman tradisional yang memiliki beragam manfaat di dalamnya.

Baca juga: 7 Minuman untuk Menurunkan Kolesterol, Dijamin Ampuh

Berikut beberapa minuman herbal penghangat tubuh yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Wedang jahe

Minuman herbal penghangat tubuh yang pertama yaitu wedang jahe. Tentu sudah menjadi rahasia umum bahwa wedang jahe cocok disebut minuman herbal penghangat tubuh serta dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Advertisement

Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu menyeduh jahe dengan air panas. Lalu, tambahkan gula atau madu sebagai pemanis. Wedang jahe ketika dikonsumsi akan memberikan rasa hangat ke seluruh tubuh.

2. Wedang ronde

minuman herbal penghangat tubuh

Ilustrasi Wedang Ronde (Foto: Istimewa)

Wedang ronde merupakan minuman herbal penghangat tubuh yang cocok dikonsumsi saat musim hujan datang. Tak hanya menghangatkan tubuh, wedang ronde juga dapat mengeyangkan perut.

Sebenarnya wedang ronde merupakan air jahe yang memiliki beragam isian di dalamnya. Isian tersebut diantaranya ronde, kolang-kaling, remahan kacang tanah, dan gula pasir. Perpaduan bahan-bahan di dalamnya bisa membuat tubuh terasa lebih hangat.

3. Bandrek

Minuman herbal penghangat tubuh berikutnya yaitu bandrek. Bandrek merupakan minuman tradisional yang berasal dari tanah Sunda, Jawa Barat. Mengonsumsi bandrek saat cuaca dingin merupakan pilihan tepat untuk menghangatkan diri.

Bandrek memiliki komposisi dari berbagai bahan, yakni jahe merah, gula merah, kayu manis, cengkeh, sirih, sereh yang telah digeprek, hingga daun pandan. Untuk menambah citarasa, kamu bisa menambahkan susu kental manis atau madu sebagai pemanis.

4. Bajigur

minuman herbal penghangat tubuh

Ilustrasi Bajigur (Foto: Istimewa)

Selain bandrek, bajigur juga merupakan salah satu minuman herbal penghangat tubuh. Sama seperti bandrek, bajigur juga minuman yang berasal dari Jawa Barat. Mengonsumsi bajigur sudah dikenal sejak lama bisa menaikkan suhu tubuh secara alami.

Bajigur terdiri dari jahe, santan, gula merah atau gula jawa, kayu manis, daun pandan, kopi hitam, dan sedikit vanili. Bajigur sangat cocok sajikan pada malam hari atau saat musim hujan dapat. Kamu juga bisa menambahkan kacang, singkong, dan ubi sebagai camilan penghangat tubuh.

Advertisement

Baca juga: 6 Minuman Penambah Stamina, Alami dan Menyehatkan Tubuh

5. Wedang uwuh

minuman herbal penghangat tubuh

Ilustrasi Wedang Uwuh (Foto: Istimewa)

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang dapat menghangatkan tubuh. Tak hanya menghangat tubuh, minuman ini juga mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan di dalamnya.

Tahukah kamu, sebenarnya wedang uwuh sering disebut wedang sampah. Hal tersebut karena beragam rempah-rempah terlihat berserakan sehingga menyerupai sampah. Banyaknya rempah-rempah di dalamnya membuat minuman ini cocok diminum saat dingin untuk menghangatkan tubuh.

6. Susu Telur Madu Jahe (STMJ)

Susu Telur Madu Jahe atau biasanya disebut STMJ merupakan salah satu minuman herbal penghangat tubuh yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, STMJ ternyata juga dapat meningkatkan stamina dan mengoptimal tubuh saat kurang sehat.

7. Teh herbal

minuman herbal penghangat tubuh

Ilustrasi Teh Herbal (Foto: Istimewa)

Minuman herbal penghangat tubuh berikutnya yaitu teh herbal. Diketahui ada banyak jenis teh herbal, salah satunya teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan di dalamnya yang dapat meningkatkan suhu tubuh.

Kandungan tersebut bisa merangsang pelepasan lemak dan jaringan lemak tubuh yang terbukti dapat meningkatkan suhu tubuh.

8. Air lemon hangat

Ketika musim hujan mulai tiba, air lemon hangat cocok untuk dikonsumsi sebagai minuman herbal penghangat tubuh. Lemon mempunyai kandungan vitamin C yang bisa memperkuat kekebalan tubuh. Air lemon hangat cocok disajikan pada pagi hari saat perut kosong.

Meminum air lemon hangat ternyata bisa menghilangkan racun di dalam tubuh. Bahkan, dapat menurunkan risiko penyakit jantung.***

Advertisement

Baca juga: Hindarilah Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Anda Pikun

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement