Home LifestyleKesehatan 7 Manfaat Kentang bagi Ibu Hamil Beserta Efek Sampingnya

7 Manfaat Kentang bagi Ibu Hamil Beserta Efek Sampingnya

oleh Farhan Zuhdi
manfaat kentang bagi ibu hamil

Ilustrasi kentang rebus (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kentang merupakan salah satu makan yang dikenal baik bagi kesehatan. Kentang bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik saat dikonsumsi, termasuk bagi ibu hamil. Salah satu manfaat kentang bagi ibu hamil adalah menjadi sumber energi.

Kentang memiliki kandungan karbohidrat, serat, dan mineral yang bisa menjaga kesehatan rahim. Meski baik untuk wanita hamil, mengonsumsi kentang tidak boleh sembarangan agar rahim benar-benar aman.

Baca juga: 8 Manfaat Susu Kambing Etawa, Dapat Menjadi Asupan Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Berikut beberapa manfaat kentang bagi ibu hamil yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Sumber energi

Manfaat kentang bagi ibu hamil yang pertama yaitu menjadi sumber energi. Wanita yang sedang mengandung memerlukan banyak energi. Memasukkan kentang ke dalam menu makan sehat bisa memberi energi yang dibutuhkan saat dalam masa kehamilan.

Karbohidrat pada kentang merupakan sumber glukosa yang bisa menyehatkan ibu dan menjadi energi untuk janin selama kehamilan.

2. Membantu perkembangan janin

Kandungan di dalam kentang ternyata bisa membantu perkemabangan janin. Manfaat kentang untuk ibu hamil ini didapatkan dari kandungan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium. Konsumsi kentang dengan jumlah yang tepat agar tidak menimbulkan efek buruk yang tidak diinginkan.

3. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat kentang bagi ibu hamil bukan hanya berasal dari dagingnya, tetapi juga kulitnya. Kulit kentang mengandung banyak kalsium yang diklaim bisa menurunkan stroke jantung dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Untuk merasakan manfaat kentang bagi ibu hamil ini, cukup makan satu porsi kentang panggang beserta kulitnya.

4. Sumber mineral

Selain mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, manfaat kentang bagi ibu hamil bisa menjadi sumber mineral. Perlu diketahui, kandungan mineral, seperti zat besi, kalisum dan kalium berfungsi membantu perkembangan janin dalam kandungan selama masa kehamilan. Selain itu, kandungan flavonoid pada kentang bisa mengendalikan tekanan darah pada ibu hamil.

5. Mencegah cacat tabung saraf dan keguguran

Kentang merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat penting untuk perkembangan otak janin dan sistem saraf. Kandungan asam folat yang dimaksud adalah vitamin B9.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil, Pasanganmu Juga Perlu Tahu

Artinya, kandungan ini bisa menurunkan risiko cacat otak dan tulang belakang pada janin. Bahkan, wanita hamil yang mengonsumsi kentang di awal masa kehamilan dinilai mampu mengurangi kemungkinan mengalami keguguran.

6. Mengurangi asam lambung

Wanita hamil tak jarang sering mengalami masalah pencernaan atau asam dan gas didalam perut. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan makan satu porsi kentang. Bukan hanya asal makan, tentu kentang perlu diolah dengan cara benar. Caranya dengan ditumbuk agar saat dimakan lebih mudah dicerna.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tak hanya anak-anak dan orang dewasa saja, ibu hamil juga perlu meningkatkan imunitas selama masa kehamilan. Kentang mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan imunitas bagi ibu hamil dan membantu proses penyembuhan luka.

Selain itu, manfaat kentang bagi ibu hamil ini bisa mendorong kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan lain berkat kandungan vitamin C yang dimilikinya.

Efek samping mengonsumsi kentang bagi ibu hamil

manfaat kentang bagi ibu hamil

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Walaupun terdapat berbagai manfaat kentang bagi ibu hamil, mengonsumsi kentang bisa memicu beberapa efek samping yang berisiko, sebagai berikut:

  • Menyebabkan masalah pencernaan
  • Risiko kelainan kongenital
  • Memicu diabetes gestasional

Untuk meminimalisir efek samping tersebut, konsumsi kentang dengan cara direbus atau dikukus. Jangan terlalu banyak menambahkan garam, keju, atau campuran lainnya. Disarankan untuk tidak mengonsumsinya dengan jumlah berlebih. Makanlah kentang ketika hamil tidak melebihi 3 porsi sehari.

Jadi, mengambil manfaat kentang bagi ibu hamil sah-sah saja. Namun perhatikan jumlah porsi dan efek samping yang ditimbulkan dengan mempertimbangkannya terlebih dahulu.***

Baca juga: Yoga bagi Ibu Hamil Beri Manfaat Positif Perkembangan Janin

You may also like

Tinggalkan Komentar