Connect with us

Lifestyle

6 Daftar Makanan untuk Penderita Sesak Nafas, Dapat Dikonsumsi Setiap Hari

Avatar

Diterbitkan

pada

makanan untuk penderita sesak nafas

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Makanan untuk penderita sesak nafas sangat penting diperlukan untuk meminimalisasi efek yang ditimbulkan dari sesak nafas itu sendiri.

Sesak nafas bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Penyebabnya juga beragam, mulai dari karena menderita penyakit asma hingga penyakit yang berhubungan dengan organ paru-paru.

Gejala dari sesak nafas ini awalnya seperti sedang tercekik. Ada juga yang awalnya rasa sakit pada bagian dada terlebih dahulu. Saat terserang sesak nafas, hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik.

Kamu harus menenangkan diri terlebih dahulu lalu duduk dengan agak menunduk sedikit ke depan. Setelah itu, minumlah air putih. Selain air putih, ada daftar makanan untuk penderita sesak nafas yang dapat dikonsumsi sehari-hari.

Berikut beberapa daftar makanan yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

Advertisement

1. Jahe dan Kunyit

Makanan untuk penderita sesak nafas yang pertama adalah jahe dan kunyit. Kedua jenis rempah ini sangat baik untuk dikonsumsi untuk orang yang menderita sesak nafas.

Jahe dan kunyit memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat melawan virus atau bakteri penyebab infeksi pada saluran pernafasan.  Jahe ternyata juga dapat melancarkan saluran pernapasan dan meningkatkan sirkulasi udara ke paru-paru.

Dalam sebuah jurnal penelitian yang berjudul Curcumins-Rich Curry Diet and Pulmonory Function in Asian Older Adults, dijelaskan jika kunyit yang terdapat dalam kuliner kari mengandung antioksidan tinggi yang mampu meningkatkan kinerja saluran pernapasan.

2. Jeruk

Makanan untuk penderita sesak nafas yang kedua adalah buah jeruk. Dalam jeruk terdapat kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C inilah yang nantinya dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

Kandungan vitamin C ini mampu membantu oksigen tersalurkan dengan baik ke paru-paru sehingga efek gejala sesak nafas dapat dicegah dan dihindari. Buah jeruk dapat dikonsumsi begitu saja dan bisa juga dijadikan minuman untuk kamu konsumsi di pagi hari.

Advertisement

3. Ubi Jalar

Makanan untuk penderita sesak nafas yang ketiga adalah ubi jalar. Hal ini dikarenakan ubi jalar mengandung beta karoten dan antioksidan yang sangat tinggi.

Kamu cukup mengonsumsi sekitar 200 gram ubi jalar setiap hari untuk memberikan asupan beta karoten yang mencukupi kebutuhan harian orang dewasa. Jenis ubi jalar yang bagus dikonsumsi adalah ubi ungu. Tetapi jenis ubi lain seperti ubi cilembu juga dapat dikonsumi.

Baca juga: 6 Pantangan Makanan untuk Penyakit Liver, Hentikan Mulai Sekarang!

4. Kacang Edamame

Makanan untuk penderita sesak nafas yang keempat adalah kacang edamame. Kacang edamame sangat sering dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet karena rendah kalori dan memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya.

Kacang edamame mengandung isoflavones yang berfungsi untuk menjaga kesehatan paru-paru dan membantu meringanan nafas.

Hal ini diperkuat dari sebeuah penelitian yang berjudul Biological Effect of Soy Isoflavones in The Prevention of Civilzation Diseases. Di dalamnya menjelaskan jika dalam kacang edamame terdapat flavones, flavonols, aurones, cateching, dan lain sebagainya.

Advertisement

5. Yoghurt

Makanan untuk penderita sesak nafas yang kelima adalah yoghurt. Yoghurt merupakan olahan susu yang difermentasikan dalam jangka waktu tertentu sehingga dapat menghasilkan bakteri baik serta kandungan nutrisi yang lebih banyak di dalam nya.

Dalam yoghurt terdapat kandungan potasium, kalsium, salenium yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan kerja paru-paru dan melindungi paru-paru dari sesak nafas. Kamu dapat mengonsumsi bersamaan dengan aneka buah-buahan sehingga manfaatnya bisa lebih maksimal lagi.

Baca juga: 7 Makanan Penyebab Keputihan, Kurangi Mulai Sekarang!

6. Tomat

Makanan untuk penderita sesak nafas yang terakhir adalah tomat. Tomat mengandung lycopene, karoten dan antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Jika fungsi paru-paru bisa berjalan dengan baik, maka sesak nafas pasti dapat dihindari dan dapat dicegah sedini mungkin.

Menurut jurnal penelitian yang berjudul Nutrition and Resiparatory Health, tomat tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi di dalamnya juga terdapat axidative stres, vitamin C vitamin D, vitamin E, dan aneka mineral lainnya.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement