Connect with us

Griya

Terapkan 7 Tips Membersihkan Rumah ini agar Rumah Bersih dan Rapih

Avatar

Diterbitkan

pada

tips membersihkan rumah

Ilustrasi membersihkan rumah (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Menjaga kebersihan rumah merupakan salah satu kegiatan penting untuk membuat rumah bersih dan nyaman. Namun, terkadang masih ada saja sudut-sudut rumah yang masih kotor dan terlewat. Agar membersihkan rumah dengan maksimal, kamu dapat mengetahui tips membersihkan rumah secara efektif.

Umumnya, membersihkan rumah identik dengan hanya menyapu dan mengepel. Padahal, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan dalam membersihkan rumah. Dengan memiliki rumah yang bersih, kesehatan kamu dan keluarga dapat terjaga.

Selain itu, kamu juga perlu membersihkan rumah secara rutin untuk membuat rumah nyaman, terbebas dari kuman dan bakter, dan kamu dapat terhindar dari stres saat di rumah.

Baca juga: 7 Cara Membasmi Rumput Liar di Rumah agar Tidak Tumbuh Lagi

Berikut beberapa tips membersihkan rumah yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Fokus pada hal kecil

Tips membersihkan rumah yang pertama yaitu dengan membersihkan atau fokus pada hal-hal kecil. Kamu dapat memulai tips ini dengan hal-hal kecil, seperti merapikan buku atau mainan yang berserakan, merapikan tumpukan pakaian, hingga ,mencuci piring kotor yang belum dicuci.

Advertisement

Dengan memulai merapikan hal-hal kecil tersebut, dapat membuat rumah tampak bersih mesikpun belum disapu atau dipel bersih. Jadi sebelum disapu dan dipel, kamu dapat memperhatikan hal-hal kecil untuk menciptakan rumah bersih.

2. Menerapkan kebiasaan bersih di dalam rumah

Untuk mendapatkan rumah yang bersih, kamu dapat menerapkan kebiasaan bersih di rumah sebagai tips membersihkan rumah. Kamu dapat menerapkan kebiasaan bersih dengan membersihkan rumah tanpa menunggu rumah kotor atau terlihat berantakan baru kamu membersihkannya.

Kamu dapat menerapkan kebiasaan bersih yang mudah, mulai dari membersihkan kasur saat bangun tidur dan merapikan benda sebelum meninggalkan ruangan. Hal ini akan menciptakan kebiasaan yang efektif untuk membuat rumah terlihat rapih dan bersih.

3. Membersihkan kamar mandi

tips membersihkan rumah

Ilustrasi membersihkan kamar mandi (Foto: Istimewa)

Kamar mandi merupakan bagian di dalam rumah yang menjadi sumber kuman dan bakteri. Untuk itu, kamu perlu rutin membersihkan kamar mandi untuk mencegah datangnya penyakit, mulai dari membersihkan gagang pintu, keran, closet, dan semua permukaan yang ada di kamar mandi menggunakan cairan pembasmi kuman.

Saat tidak digunakan, kamu perlu membuka pintu dan jendela kamar mandi agar ada pergantian udara di dalam kamar mandi. Begitu juga saat sedang membersihkan kamar mandi.

Selain itu, sediakan keset untuk membantu mengeringkan kaki untuk menjaga kebersihan kamar mandi dan setelah keluar dari kamar mandi. Cucilah benda-benda yang ada di dalam kamar mandi setidaknya sebanyak dua kali dalam satu minggu.

Advertisement

4. Membersihkan dapur

tips membersihkan rumah

Ilustrasi membersihkan dapur (Foto: Istimewa)

Tips membersihkan rumah yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan dapur. Saat membersihkan dapur, ada hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kebersihan dapur untuk menciptakan dapur yang bersih, sebagai berikut:

  • Membersihkan kulkas, buang sisa makan untuk mencegah aroma tidak sedap.
  • Cuci dan bersihakan tempat sampah sampai benar-benar bersih setiap kali membuang sampah.
  • Bersihkan segala permukaan yang terletak di dapur menggunakan desinfektan.
  • Mengganti spons cuci piring dengan yang baru secara rutin. Spons bisa saja berjamur karena terlalu sering terkena air dan sisa makanan saat digunakan.
  • Pisahkan peralatan memasak untuk sayur dan untuk daging, khususnya papan pemotong yang Anda gunakan untuk memotong sayur dan daging mentah.
  • Memisahkan peralatan masak antara sayur dan daging dapat mengurangi peluang terjadinya kontaminasi bakteri pada daging agar tidak menempel pada papan pemotong yang digunakan untuk memotong sayuran.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Lemari Berjamur

5. Menghindari barang yang tidak perlu

Tips membersihkan rumah berikutnya yaitu dengan menghindari barang yang tidak perlu. Rumah yang dipenuhi barang-barang membuat terasa lebih sesak dan memerukan banyak waktu untuk membersihkannya sehingga membuat rumah terlihat lebih sumpek dan kotor.

Usahakan membuatkan keputusan sebelum membeli sebuah baju atau benda-benda yang tidak perlu. Selain mempunyai rumah bersih, kamu juga dapat lebih hemat.

6. Fokus pada tiap ruangan

Salah satu tips membersihkan rumah dengan fokus pada tiap ruangan. Diperlukan fokus saat membersihkan rumah. Debu tidak akan hilang bila kamu sudah berpindah ruangan ketika salah satu ruangan tersebut belum selesai dibersihkan.

Hindari untuk membersihkan dari satu ruangan ke ruangan lainnya dalam waktu bersamaan. Hal ini dapat membuat beberapa bagian terlewatkan. Usahakan fokus dan berkonsentrasi dengan sempurna saat membersihkan rumah.

7. Libatkan keluarga saat membersihkan rumah

tips membersihkan rumah

Foto iIustrasi (Istimewa)

Tips membersihkan rumah yang terakhir adalah melibatkan keluarga saat membersihkan rumah. Selain dapat menjaga kekompakan di dalam rumah, kegiatan ini juga dapat mempersingkat waktu untuk membersihkan rumah dengan cepat. Pekerjaan yang dilakukan bersama-sama pun akan terasa lebih ringan dan lebih cepat selesai dibandingkan dilakukan sendirian.***

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Tungau pada Perabotan Secara Alami

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *