Connect with us

Griya

6 Cara Menghilangkan Tungau pada Perabotan Secara Alami

Avatar

Diterbitkan

pada

cara menghilangkan tungau

Ilustrasi Tungau (Foto: easyways)

FAKTUALidTungau merupakan salah satu hama yang sering hadir pada beberapa perabotan rumah. Hadirnya tungau, misalnya di kasur dapat membuat kulit menjadi gatal dan perih. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara menghilangkan tungau secara ampuh.

Tungau merupakan hama sejenis kutu yang sering bersembunyi pada kasur, sofa, karpet, dan gorden. Orang-orang sering menyebut tungau dengan ‘kutu kasur’. Tungau umumnya sulit untuk dilihat dengan mata telanjang karena ukurannya yang hanya 0,5 mm saja.

Keberadaan tungau tentu dapat menimbulkan masalah-masalah pada kulit, seperti bentol, gatal-gatal, perih pada kulit, dapat memicu sesak nafas serta gejala alergi. Jika sudah seperti ini, tungau harus segera dibasmi sesegera mungkin.

Sebenarnya, cara menghilangkan tungau dapat menggunakan bahan kimia pada kasur. Namun, dampak yang ditimbulkan bisa mempengaruhi kesehatan. Alangkah baiknya kamu dapat menggunakan cara menghilangkan tungau secara alami yang dapat kamu lakukan dengan mudah di rumah.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Lumut Membandel di Rumah

Berikut beberapa cara menghilangkan tungau di rumah yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Cuci dengan air panas

Cara menghilangkan tungau yang pertama yaitu dengan mencuci dengan air panas. Untuk mengatasi dan menghindari tungau berkembang biak pada kasur di rumah, kamu perlu mencucinya, mulai dari bantal, sprei, dan barang lain yang ada di atas kasur.

Kamu dapat mencuci barang-barang tersebut menggunakan air panas yang sudah dicampur dengan detergen agar tungau tidak bersarang kembali. Pastikan kamu mencucinya secara rutin. Kemudian, kamu dapat menjemurnya di bawah terik matahari hingga kering agar tidak menimbulkan lembap.

2. Jemur di bawah sinar matahari

Tungau atau jenis hama lainnya diketahui menyukai tempat lembap. Untuk itu kamu bisa menjemur berbagai barang, seperti kasur, bantal, dan guling di bawah sinar matahari langsung. Cara menghilangkan tungau ini sangat efektif untuk membasminya karena tungau tidak menyukai panas.

Saat menjemurnya, kamu perlu memperhatikan intensitas cahaya matahari dan jangan lupa membalik sisi lain pada kasur atau bantal. Dengan begitu, benda-benda tersebut tidak akan dijadikan tempat tungau bersarang.

3. Menggunakan uap

Kamu dapat menggunakan uap sebagai salah satu cara menghilangkan tungau di kasur. Untuk menggunakan cara ini, pastikan kamu mempunyai alat tersebut dan sudah mengetahui cara pemakaiannya.

Advertisement

Sebenarnya, alat-alat yang dibutuhkan sangat mudah ditemukan, yaitu ketel, selang, dan handuk atau lap bersih. Caranya, kamu perlu memasak air di atas ketel dan alirkan uapnya ke permukaan dan sela-sela kasur atau perabotan rumah lainnya yang terdapat tungau. Jika basah, kamu bisa kembali menjemurnya di bawah terik matahari.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, proses penguapan dapat dilakukan oleh ahlinya.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Lemari Berjamur

4. Larutan garam

Cara menghilangkan tungau berikutnya yaitu dengan menggunakan larutan garam. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata garam dapat digunakan untuk membasmi tungau. Cara ini kerap dilakukan apabila kamu kesulitan untuk mengeluarkan dan menjemur kasur di bawah sinar matahari.

Caranya, kamu hanya perlu mencampurkan garam dengan air hingga menjadi larutan. Lalu, masukkan larutan tersebut ke botol semprot. Kemudian, kamu dapat menyemprotkan larutan tersebut ke kasur, sofa, atau karpet.

5. Bawang

Selain menggunakan larutan garam, cara menghilangkan tungau juga dapat menggunakan bawang merah dan bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang memiliki aroma kuat. Aroma tersebut sangat dibenci tungau sehingga tunggu akan dengan mudah dibasmi.

Advertisement

Caranya cukup mudah, kamu perlu menghaluksan beberapa siung bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu. Jika sudah dihaluskan, kamu dapat menyaring dan  mengambil airnya saja. Selanjutnya, kamu dapat menggunakan air tersebut untuk membasmi tungau yang ada di perabotan rumah.

6. Cuka

Ternyata, selain digunakan untuk bahan penyedap makanan, cuka dapat digunakan untuk membasmi tungau. Cuka merupakan bahan alami yang dapat menjadi cara menghilangkan tungau di kasur. Sifat asam pada cuka sangat efektif karena tungau sangat membencinya.

Untuk mengaplikasikannya, kamu hanya perlu menyemprotkan air cuka untuk membasmi tungau yang ada di kasur. Setelah itu, kamu dapat menjemurnya hingga kering agar tungau dapat pergi.***

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Alergi Debu Secara Alami

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *