Connect with us

Griya

Mitos Rumah ‘Tusuk Sate’, Dianggap Bawa Sial

Avatar

Diterbitkan

pada

Contoh rumah tusuk sate. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Mu0ngkin Anda pernah mendengar tentang rumah tusuk sate. Mitosnya rumah di posisi tersebut bakal membawa sial. Benarkah begitu?

Di dunia arsitektur, posisi tusuk sate paling dihindari karena orang tidak mau terbawa mitos sial tersebut.

Rumah tusuk sate adalah bangunan rumah yang posisinya tepat langsung menghadap ke jalanan yang sibuk. Inilah yang membuat posisi rumah tusuk sate dianggap bereputasi buruk dan membawa sial.

Berdasarkan ajaran fengsui, rumah tusuk sate akan membawa masuk banyak chi (energi) negatif yang terlalu banyak ke dalam rumah.

Begitu juga hawa panas menyebabkan keluarga yang kurang harmonis, konflik, pertengkaran, mudah sakit, bahkan serat rezeki.

Advertisement

Bagi calon pemilik rumah yang sangat memercayai fengsui, rumah tusuk sate sudah pasti dihindari.

Namun, untuk calon pembeli rumah yang lebih cenderung mementingkan logika dan rasionalitas, posisi rumah tepat di pertigaan tidak terlalu berpengaruh terhadap keputusannya.

Sama seperti rumah dalam posisi lainnya, rumah tusuk sate pun juga punya plus minusnya tersendiri yang patut dipertimbangkan ketika ingin membelinya.

Bahkan, beberapa mitos yang meliputi rumah tusuk sate juga bisa sedikit banyak dijelaskan dari kelebihan dan kekurangan rumah tusuk sate.

Mengutip Dekoruma secara logika, berikut kelebihan dan kekurangan membeli dan menghuni rumah dengan posisi tusuk sate:

Advertisement

1. Harga relatif lebih murah

Kalau budget Anda terbatas, tapi ingin rumah yang desainnya lebih menarik atau ukurannya lebih luas dengan harga di bawah pasar, rumah tusuk sate bisa jadi pilihan yang menarik. Akibat mitos yang mengelilinginya, minat calon pembeli terhadap rumah tusuk sate tidak sebanyak rumah-rumah di sekitarnya.

Dengan anggapan bahwa rumah tusuk sate membawa sial atau berhantu, harga belinya akan lebih rendah dibandingkan harga pasar.

Jika ini bukan masalah bagi Anda, rumah tusuk sate akan jadi tempat tinggal yang lebih terjangkau dan nyaman bagi keluarga.

2. Sirkulasi Udara

Advertisement

Posisi rumah tusuk sate yang tepat di tengah jalan dan tanpa penghalang, membuat angin dan udara dapat dengan mudah berhembus dan masuk. Terutama dari arah depan rumah. Salah satu kritik terhadap kondisi ini adalah angin akan lebih mudah membawa masuk debu dan kotoran ke dalam rumah.

Kekhawatiran ini sebenarnya beralasan dan cara mengatasinya adalah dengan memasang mayoritas pintu dan jendela menghadap ke samping dan belakang rumah. Bukan hanya menghadap ke depan rumah.

Maka dari itu, rumah tusuk sate tetap bisa mendapat aliran udara dan angin yang kuat tanpa membawa terlalu banyak partikel.

3. Ukuran Cenderung Lebih Luas

Kavling rumah tusuk sate biasanya lebih luas dibandingkan dengan rumah-rumah di sekitarnya. Karena mengikuti lebar jalan di depannya dan bisa lebih lebar lagi.

Advertisement

Dengan harganya yang relatif lebih murah, inilah yang membuat rumah tusuk sate terasa setimpal atau bahkan melebihi ekspektasi.

4. Terasa Lebih Panas

Sirkulasi udara dan aliran angin yang optimal yang disebutkan sebelumnya juga membawa satu situasi yang kurang mengenakan, yaitu udara yang terasa panas dan pengap terutama di siang hari.

Meskipun pintu dan jendela sudah diatur agar tidak terlalu dominan menghadap ke jalan depan rumah, aliran udara yang kencang dan kuat akan membawa udara panas masuk ke dalam rumah.

Namun, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan tirai dan warna-warna yang tidak menyerap panas.

Advertisement

5. Risiko Kendaraan Menabrak Rumah

Risiko ini mungkin bisa dikatakan sangat kecil kemungkinannya terjadi, tapi bukan sama sekali tidak ada. Salah satu pertimbangan keamanan dan keselamatan penghuni rumah tusuk sate adalah rumah yang akan langsung tertabrak kalau ada kecelakaan lalu lintas pemilik rumah juga harus waspada dan mempersiapkan diri dengan kemungkinan terburuk.

Salah satu solusinya adalah memasang pagar yang kuat pada rumah tusuk sate yang bisa menahan benturan keras.

6. Harga Jatuh

Kelebihan rumah tusuk sate dimulai dari faktor finansial yang lebih terjangkau dan sayangnya kelemahannya juga ada pada sisi finansial.

Advertisement

Anda mungkin bisa menghemat cukup banyak uang saat membeli rumah tusuk sate yang memang harga belinya lebih rendah.

Namun, saat akan dijual lagi karena ingin pindah rumah atau keperluan lainnya, rumah tusuk sate akan relatif lebih sulit dijual. Pengaruh mitos dan pandangan masyarakat terhadap rumah tusuk sate otomatis akan menurunkan harga jualnya dan minat terhadap rumah ,
tusuk sate.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, rumah tusuk sate lebih cocok untuk jadi forever home yang akan ditinggali selamanya dan diwariskan dari satu generasi ke generasi lainnya.

Di luar itu, karena lokasinya yang tepat di depan jalan membuat rumah tusuk sate cocok jadi usaha karena berpotensi dilihat oleh banyak orang yang lalu lalang.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement