Connect with us

Griya

Kenali 6 Penyebab Lalat Muncul di Rumah,

Avatar

Diterbitkan

pada

penyebab lalat muncul di rumah

Ilustrasi lalat (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Lalat merupakan salah satu serangga yang muncul di rumah. Keberadaannya tentu sangat menggangu dan mengkhawatirkan karena bisa menjadi sumber masalah penyakit. Hal ini membuat banyak yang penasaran mengenai penyebab lalat muncul di rumah.

Makanan yang dihinggapi lalat akan terlihat menjijikan. Selain identik dengan kotoran, lalat juga menyebarkan berbagai penyakit dan infeksi ke manusia maupun makanan. Hal ini terjadi karena lalat makan dan hidup di tempat yang kotor sebelum mencemari makanan manusia.

Tempat yang disukai lalat salah satunya adalah tumpukan sampah yang. Lalat juga kerap menghampiri sisa makanan di dapur. Tentu Anda tidak mau bukan lalat dari sampah nantinya hinggap ke makan. Tak hanya sampah, lalu apa saja penyebab lalat muncul di rumah?

Baca juga: Cara Jitu Mengusir Nyamuk Tanpa Obat

Berikut beberapa penyebab lalat muncul di rumah yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Memasak yang baunya menyengat

penyebab lalat muncul di rumah

Ilustrasi makanan menyengat (Foto: Istimewa)

Penyebab lalat muncul di rumah yang pertama yaitu memasak bahan makanan yang baunya menyengat. Perlu diketahui, lalat sangat suka sesuatu yang menyengat. Itulah mengapa mereka sering mendatangi makanan berbau menyengat.

Beberapa makanan yang menyegat di antaranya adalah ikan, cumi, udang, dan daging-dagingan. Jika memang sedang memasak makanan, pastikan untuk menutupnya dengan baik sebelum memasukkannya ke dalam panci atau penggorengan.

Advertisement

2. Ada genangan air

Sudah diketahui banyak genangan air menjadi penyebab rumah banyak nyamuk. Tak hanya itu, hal ini juga menjadi penyebab lalat muncul di rumah. Biasanya genangan air muncul dirumah yang memiliki banyak tanaman.

Untuk itu, jangan meninggalkan genangan air di mana pun di sekitar rumah, termasuk di kaleng penyiram dan tanaman pot. Lingkungan yang sangat lembap akibat terlalu berlebihan menyiram tanaman juga bisa menjadi tempat lalat berkembang biak.

3. Makanan dan minuman tumpah

penyebab lalat muncul di rumah

Ilustrasi minuman tumpah (Foto: Istimewa)

Penyebab lalat muncul di rumah berikutnya yaitu makanan dan minuman yang tumpah. Lalat akan berkembang biak pada bahan organik yang lembap dan membusuk, seperti buah atau minuman yang tumpah. Hal itu yang membuat Anda tidak boleh membiarkan sisa atau tumpahan makanan dan minuman.

Meskipun umur hidup lalat dewasa tidak panjang, lalat berkembang biak dengan cepat dalam jumlah besar, dan berpotensi menjadi masalah yang serius dari waktu ke waktu. Apalgai jika dibiarkan tidak terkendali.

Baca juga: 3 Manfaat Air Bawang Putih untuk Tanaman, Begini Caranya Menggunakannya

Lalat betina dewasa dapat bertelur ratusan yang berkembang menjadi dewasa hanya dalam waktu tujuh hari. Jika ada tempat bagi serangga ini untuk berkembang biak, mereka akan terus datang kembali. Pasalnya, lalat makan dan bertelur di tempat yang sama.

4. Jendela terbuka yang dekat sampah

Sudah disinggungg sebelumnya, lalat sangat menyukai tempat kotor seperti tumpukan sampah. Ketika tong sampah tidak terlalu jauh dengan jendala dalam posisi terbuka, darisanalah meraka masuk ke dalam rumah. Hingga mereka akan hinggap di makanan.

Advertisement

Beberapa lalat seperti lalat saluran pembuangan dapat masuk melalui celah-celah garis rambut di pipa saluran pembuangan. Untuk membasminya, gunakan pembersih saluran pembuangan enzimatik beberapa kali per tahun jika Anda sering terkena lalat saluran pembuangan.

Semisal hal ini menjadi penyebab lalat muncul di rumah yang Anda alami, cobalah hadirkan tanaman pengusir lalat terbaik di sekitar jendela.

5. Hewan peliharaan

penyebab lalat muncul di rumah

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Salah satu penyebab lalat muncul di rumah yang jarang disadari adalah hewan peliharaan. Kucing atau hewan peliharaan lainnya cenderung acuh terdapat kotorannya, bahkan ada hewan yang buang air besar sembarangan di sekitar rumah.

Tentu ini menjadi faktor banyaknya lalat. Oleh sebab itu, bersihkan hewan secara berkala beserta tempat kotorannya atau membuang makanan yang belum dimakan. Tak menutup kemungkinan lalat tersebut mungkin mendarat di sana sebelum mendarat di makanan Anda.

6. Tanaman aromatik

Penyebab lalat muncul di rumah yang terakhir adalah tanaman aromatik. Tanaman atau ramuan aromatik seperti adas tampaknya menarik serangga sebagian besar karena aromanya yang harum. Karena hal tersebut, perhatikan daya tarik mereka terhadap lalat dalam prosesnya.***

Baca juga: 6 Cara Mengusir Laron di Rumah, Mudah dan Ampuh

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement