Connect with us

Gadget

Terbukti, Harga iPhone di Jepang Paling Murah di Dunia!

Avatar

Diterbitkan

pada

Harga iPhone paling murah di Jepang. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Ponsel bikinan Apple, yaitu iPhone menjadi salah satu smartphone kelas atas (high-end) yang dijual dengan harga lebih mahal dibanding ponsel Android umumnya. Meski demikian harga iPone di setiap negara berbeda-beda. Dikabarkan harga iPhone paling murah ada di Jepang. Benarkah demikian?

Untuk menjawab pertanyaan  tersebut, Lembaga penelitian Moving Mobile and Mobility Forward telah melakukan survei harga iPhone yang dilakukan di 34 negara, termasuk Jepang. Berdasarkan survei diperoleh hasil bahwa harga iPhone di Jepang memang paling murah. Lebih murah sekitar 20% dari rata-rata harga iPhone di pasar global.

Di sektor penjualan elektronik, Jepang terkenal sangat mahal menjual barang-barang tersebut. Menurut pengguna situs tanya-jawab Quora, harga elektronik di Jepang bisa dikatakan dua kali lebih mahal dibandingkan di Amerika Serikat, karena beberapa hal.

Pertama, Jepang memiliki tingkat layanan yang lebih tinggi, maka biaya jualnya menjadi lebih tinggi. Kedua, Jepang menyediakan lebih banyak layanan sebelum dan sesudah (purna) penjualan.

Mengapa iPhone di Jepang bisa dijual dengan harga termurah di dunia versi Moving Mobile and Mobility Forward? Agaknya penurunan nilai tukar yen terhadap mata uang asing mempengaruhi semua itu.

Advertisement

Dalam 20 tahun terakhir nilai yen berada di kisaran Rp135 per dollar. Pelemahan yen ini sudah terjadi sejak tahun lalu. Yen telah melemah 10% terhadap dollar AS pada 2021, setelah empat tahun berturut-turut sebelumnya stabil menguat.

Di tengah depresiasi yen ini, harga iPhone di Jepang masih tidak berubah. Ini membuat harga iPhone di Negeri Matahari Terbit itu menjadi relatif lebih murah dibandingkan negara lainnya.

Lembaga riset tersebut membandingkan harga resmi iPhone 13 dan model lainnya di Jepang dengan negara lainnya.

Caranya dengan mengonversikan harga iPhone dari negara lain ke “yen” (mata uang Jepang) dengan nilai tukar per 1 Juni 2022. Hasilnya, harga rata-rata iPhone 13 dengan memori 128 GB di luar Jepang adalah 126.433 yen (sekitar Rp 13,7 juta).

Sedangkan, harga iPhone 13 128 GB di Jepang hanya dibanderol sebesar 98.800 yen (setara Rp 10,7 juta). Harga yang sudah termasuk pajak itu lebih murah 20% dibanding harga rata-rata global.

Advertisement

Ini membuat Jepang dinobatkan sebagai negara penjual iPhone dengan harga paling murah di dunia.

Di saat Jepang menjual iPhone termurah, Brasil menjual iPhone dengan harga termahal di dunia. Moving Mobile and Mobility Forward melaporkan, harga iPhone 13 128 GB di Brasil adalah 207.221 yen (kira-kira Rp 22,6 juta).

Sementara Hong Kong menjadi negara yang menjual iPhone paling murah nomor dua setelah Jepang, harganya adalah 111.831 yen (sekitar Rp 12,2 juta).

Sebagai perbandingan lain, harga iPhone di negara asalnya Amerika Serikat adalah 116.477 yen atau kira-kira Rp 12,7 juta. Sementara di Indonesia, harga iPhone 13 128 GB sendiri dibanderol sebesar 15,1 juta, lebih mahal dari rata-rata global.

Hasil survei ini menggunakan nilai tukar yen per 1 Juni 2022. Alhasil, harga yang dicantumkan dalam laporan Moving Mobile and Mobility Forward bergantung pada kekuatan nilai tukar mata uang asing terhadap yen Jepang pada 1 Juni 2022.

Advertisement

Jadi, kalau kamu bepergian ke Jepang, tak ada salahnya membeli iPhone agar dapat harga lebih murah.***

 

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca