Connect with us

Selebritis

Pasca Operasi Rahang, Ini Penderitaan Lucinta Luna

Avatar

Diterbitkan

pada

Kondisi Lucinta Luna pasaca operasi. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Artis dan selebgram Lucinta Luna masih dalam tahap pemulihan usai melakukan operasi plastik. Ia menceritakan bagaimana penderitaan yang harus dia jalani pasca operasi melalui akun Instagramnya.

Ia juga menampilkan wajahnya yang penuh perban dan bibir berdarah-darah. Agak mengerikan dan memang ia merasakan sakit yang luar biasa demi mendapatkan penampilan yang sempurna.

Seperti yang diketahui, artis berusia 33 tahun ini memang baru saja melakukan rangkaian operasi yang membuat heboh, yaitu pengecilan jakun dan gergaji rahang. Selanjutnya ia juga akan melakukan operasi ganti kulit.

Dalam siaran langsung tersebut, kondisinya yang masih diperban tersebut membuatnya kesulitan untuk makan. Beberapa kali juga terlihat kondisinya yang sulit untuk membuka mulut dan memasukkan makanan.

Mengutip laman Alodokter, pemberian makanan pada seseorang yang melakukan operasi pada rahang sendiri memang membutuhkan waktu.

Advertisement

Bahkan tidak jarang orang yang melakukan operasi rahang akan mengalami penurunan berat badan lantaran kesulitan makan.

Selain itu, terdapat beberapa tahap proses makan orang yang melakukan operasi pada bagian rahang.

● Untuk 3 minggu pertama
Seseorang yang baru saja melakukan operasi rahang biasanya hanya dapat menerima makanan dalam bentuk cair, seperti air putih, kuah sop, jus buah, minuman elektrolit, dan lain-lain.

Selain itu, dokter juga menyarankan untuk mengonsumsi minuman yang berkalori agar kandungan nurtisi terpenuhi. Berupa susu, milk shakes, es krim cair, yogurt, makanan yang bisa diblender hingga cair.

● 3-6 minggu
Setelah memasuki masa 3-6 minggu, biasanya orang yang melakukan operasi rahang sudah bisa masuk makanan. Namun, makanan yang masuk juga yang tidak perlu dikunyah atau masih halus seperti bubur bayi.

Advertisement

Selain itu, makanan yang mudah dihancurkan dengan lidah juga bisa diberikan, seperti telur dadar, kentang rebus, ikan kukus, dan lain-lain.

● Setelah 6 minggu
Setelah memasuki masa 6 minggu, biasanya pasien diperbolehkan mengonsumsi makanan yang lebih padat. Namun, meskipun padat, tekstur makanan tersebut juga tetap lembut dan mudah dikunyah.

● Setelah 8 minggu

Setelah 8 minggu pasca operasi biasanya sudah bisa mengonsumsi makanan normal. Namun tetap harus berhati-hati jika belum dinyatakan sembuh total oleh dokter. Terutama dalam mengunyah dan memilih makanan.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement