Connect with us

Ekonomi

Dimana Lokasi Penjual Minyak Goreng Murah? Cek Disini

Avatar

Diterbitkan

pada

lokasi penjual minyak goreng murah

Ilustrasi MinyaKita sebagai minyak goreng murah (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) meluncurkan minyak goreng sederhana dengan merek Minyakita yang dijual dengan harga Rp14.000 per liter untuk memudahkan masyarakat mendapatkan stok minyak goreng.

Kehadiran Minyakita juga membuka opsi bagi masyarakat untuk mencukupi kebutuhannya. Zulhas mengatakan, saat ini MinyaKita mulai dipasarkan baik ke pasar tradisional dan supermarket. Namun karena masih baru diluncurkan, jumlahnya masih terbatas.

Masyarakat yang ingin membeli Minyakita bisa mendatangi pasar tradisional atau supermarket yang sudah menjual produk tersebut menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau KTP.

Meskipun Minyakita sudah resmi diluncurkan pada Rabu kemarin (6/7/2022), namun minyak goreng curah rakyat (MGCR) masih tetap diperdagangkan.

Baca juga: Menteri Perdagangan Luncurkan Minyakita, Minyak Goreng Kemasan Sederhana Seharga Rp14.000 per Liter

“Minyak curah tetap ada, tidak ada perubahan apapun. Ini (MinyaKita) tambahan, jadi boleh pilih. Mau distribusi pakai MinyaKita atau curah,” kata Zulhas dalam acara peluncuran MinyaKita di Kemendag, Rabu (6/7/2022).

Advertisement

Meski sudah resmi, banyak masyrakat yang bertanya terkait lokasi penjual minyak goreng murah dengan harga Rp14.000?

Cek lokasi penjual minyak goreng murah

Melansir Indonesiabaik.id, Kamis (7/7/2022), pemerintah menerapkan aturan baru terkait pembelian MGCR atau minyak murah dengan harga Rp14.000 per liter.

Bagi masyarakat yang ingin membeli minyak goreng dengan harga murah, harus membeli di pengecer atau toko resmi yang telah terdaftar dalam program Simirah 2.0.

Jika masih bingung tentang lokasi penjual minyak goreng murah, masyarakat bisa melihat  toko  yang menjual MGCR dengan mengakses laman minyak-goreng.id, berikut beberapa langkahnya:

  1. Buka laman minyak-goreng.id.
  2. Pilih provinsi dan kabupaten atau kota.
  3. Klik “Cari Penjual”.

Kemudian tunggu sampai menampilkan toko-toko yang menjual MGCR, setelah itu akan terlihat nama dan lokasi penjual minyak goreng murah beserta alamatnya. Untuk melakukan pencarian yang lebih spesifik, ketik nama desa di kolom “search” yang tersedia di atas daftar nama toko dan alamat penjual MGCR.

Baca juga: Pemerintah Sosialisasi Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Menjadi Syarat Beli Minyak Goreng Curah

Sementara itu, masyarakat yang ingin membeli minyak goreng murah dengan harga Rp14.000 dibatasi sebanyak 10 liter per hari kepada masing-masing individu.

Advertisement

Hal itu bertujuan agar minyak goreng kemasan sederhana seharga Rp14.000 per liter ini tidak diborong oleh industri.

“Kebijakan pembatasan ini diberlakukan untuk menghindari penjualan dalam jumlah yang besar oleh industri yang tidak sesuai dengan peruntukannya sehingga kita batasi agar tidak mengalir penggunaannya tidak sesuai,” kata Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag, Syailendra.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement