Connect with us

Politik

Menunggu Keputusan MK, Hitungan Airlangga Golkar Amankan 102 Kursi di Pusat dan 10 DKI Jakarta

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan pada Peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama Ramadhan 1445 H di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat (29/3/2024).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan pada Peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama Ramadhan 1445 H di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat (29/3/2024).

FAKTUAL INDONESIA:  Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memprediksi partainya bisa mengamankan sebanyak 102 kursi DPR RI usai mendulang jumlah suara cukup banyak pada pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2024.

“Hitungan kami sambil menunggu gelaran perkara di Mahkamah Konstitusi, Partai Golkar kira-kira mendapat sekitar 102 kursi,” kata Airlangga dalam sambutannya pada Peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama Ramadhan 1445 H di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat.

Dalam pantauan media online seperti dilandir antaranews.com, Airlangga mengatakan Partai Golkar memperoleh kenaikan suara cukup signifikan, yakni 23,2 juta suara atau 15,28 persen dalam pemilu kali ini.

Dengan kenaikan suara itu, kata dia, Partai Golkar turut berkontribusi bagi kemenangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Partai Golkar dengan kemenangan ini terasa bulan Ramadhan lebih tenang dan khusyuk dalam menjalankan ibadah, termasuk Nuzulul Quran yang setiap tahun digelar oleh Partai Golkar,” kata dia.

Advertisement

Ia pun menegaskan Partai Golkar akan mendukung penuh pemerintahan Prabowo-Gibran jika nantinya dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024–2029.

“Di sini kami tegaskan kepada seluruh kader Partai Golkar bahwa Partai Golkar akan mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintahan presiden wakil presiden terpilih, Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka,” ujarnya.

Peringatan Nuzulul Quran dan buka puasa bersama itu dihadiri langsung oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka serta jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar. Dalam kesempatan itu, Airlangga mengucapkan selamat atas kemenangan pasangan calon yang diusung Koalisi Indonesia Maju itu.

“Di forum yang terhormat dan di bulan yang penuh berkah, atas nama keluarga Partai Golkar mengucapkan selamat dan bangga atas terpilihnya Bapak Haji Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia terpilih dan Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden Indonesia terpilih,” katanya.

Sebelumnya, KPU RI menetapkan perolehan suara terbanyak pada pemilihan anggota legislatif (Pileg) DPR RI pada pemilu 2024 diraih oleh PDI Perjuangan, yakni dengan 25.387.279 suara. disusul posisi kedua Partai Golkar dengan raihan 23.208.654 suara, dan posisi ketiga ditempati oleh Partai Gerindra dengan 20.071.708 suara.

Advertisement

KPU RI juga menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pemilu 2024 dengan total raihan 96.214.691 suara.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menyusul di posisi kedua dengan memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. bertengger di posisi ketiga dengan raihan 27.040.878 suara.

DKI Tambah 4

Partai Golongan Karya (Golkar) meraih 10 kursi anggota DPRD DKI Jakarta usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelesaikan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu Tahun 2024.

“Sebelumnya hanya enam, sekarang ada 10 wakil kami di DPRD DKI Jakarta,” kata Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar atau Bang Zaki kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Advertisement

Bang Zaki pada kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih atas dukungan warga Jakarta, khususnya warga Jakarta Timur, yang telah mempercayakan suaranya kepada Golkar saat pemungutan suara pada 14 Februari.

Dia bersyukur sekarang Golkar memiliki wakil di setiap daerah Jakarta. Maka dari itu, diharapkan pada Pemilu 2029 mendatang, masih akan ada penambahan dari kader Golkar yang masuk parlemen.

“Untuk lima tahun yang akan datang, semoga bisa lebih dari dua porsi,” tambahnya.

Untuk berbagi rasa syukur itu, Bang Zaki bersama jajarannya menggelar Safari Ramadhan di Gedung Pertemuan Sejahtera, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Menurutnya, acara Safari Ramadhan ini merupakan wujud nyata dari semangat solidaritas dan kepedulian sosial yang dijunjung tinggi oleh Partai Golkar.

Advertisement

Bang Zaki menekankan pentingnya partisipasi aktif dan kehadiran Partai Golkar dalam kehidupan masyarakat.

Selain buka puasa bersama, Safari Ramadhan ini juga diisi dengan santunan kepada anak yatim dan dhuafa.

Dalam sambutannya, Bang Zaki menyampaikan Partai Golkar tidak hanya bertemu dengan rakyat saat menjelang Pemilu saja, tetapi selalu hadir dalam setiap kesempatan.

Selain Bang Zaki, hadir juga caleg terpilih dari Partai Golkar untuk DPRD DKI Jakarta periode 2024-2029 yakni Sardy Wahab, Ketua Golkar Jakarta Timur dan anggota DPRD DKI Jakarta Taufik Azhar, Ketua Harian DPD Partai Golkar DKI Jakarta dan anggota DPRD DKI Judistira Hermawan, dan Wakil Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Adhinusa.

Partai Golkar mendapat perolehan suara di DPRD DKI sebanyak 517.819 suara atau 8,53 persen (10 kursi).

Advertisement

Hasil rekapitulasi penggunaan hak suara di Provinsi DKI Jakarta adalah sebanyak 6.558.734 pemilih dengan rincian laki-laki 3.147.199 orang, perempuan 3.411.535 orang, dan pemilih disabilitas sebanyak 24.981 orang. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement