Connect with us

Olahraga

Frangky Ligouw/Ansar Amir Juara Pasangan di Gold Coast Congress

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Oleh : Bert Toar Polii

FAKTUAL INDONESIA: Dua pemain Indonesia asal Batam yang kini menetap di Australia Frangky Ligouw dan Ansar Amir tampil mengejutkan di Bobby Richman Pairs Championship di 62th Gold Coast Congress.

Bobby Richman adalah pemain nasional Australia yang cukup ternama tapi sayangnya meninggal saat mengikuti Asia Pacific Bridge Championship yang berlangsung di Hongkong pada tahun 2013.

Tukang bridge pada saat itu mewakili timnas senior Indonesia berpasangan dengan Alm. Memed Hendrawan dan Alm. Henky Lasut/Eddy Manoppo. Kami hanya bermain berempat waktu itu dan meraih juara kedua di kelompok senior.

Kejuaraan pasangan ini dari dulu memang merupakan Kejuaraan pasangan terbesar di Gold Coast dan sangat diminati oleh banyak pemain.

Advertisement

Kejuaraan ini dibagi 4 kategori, yaitu open, intermediate, restricted dan beginner. Pembagian ini biasanya didasarkan oleh perolehan master point dari para pemain.

Tahun ini ada 586 pasangan atau ada 293 meja dimana open diikuti 224 pasangan, intermediate 116 pasangan, restricted 158 pasangan dan beginner 88 pasangan.

Serunya pertandingan diawali babak penyisihan dua session tapi semua peserta dibagi kelas.

Peringkat tertinggi bermain di final Kelas A kemudian Kelas B dan seterusnya. Setiap pool diisi 20 pasangan dan akan bermain setengah kompetisi 19 session @ 3 board. Jadi memang cukup berat perjuangan untuk meraih juara di event ini.

Hanya saja yang terus dicatat dan ditampilkan saat turnamen atau daftar juara dari turnamen ini diselenggarakan pertama kali sampai sekarang adalah juara kelas A.

Advertisement

Franky Ligouw/Ansar Amir walupun kelasnya di Indonesia sudah cukup tinggi Namun tentu saja di Australia mereka masuk kelas intermediate karena perolehan master pointnya belum banyak.

Jadi tidak heran Kalau mereka keluar sebagai juara dan semoga ini bisa memantapkan karier bridge mereka di negeri kanguru.

Sebab dari pengalaman bertanding di dua turnamen bridge terbesar di Australia, yaitu Summer Bridge Festival di Canberra dan Gold Coast Congress di Gold Coast kelas pemain-pemain kita cukup tinggi.

Pengakuan tentang ini bisa dibaca pada Welcome Bulletin yang diterbitkan saat Pembukaan turnamen ini. Bisa dibaca disini : https://www.myabf.com.au/media/bulletins/2024/02/14/GCC2024welcome.pdf

Hasil selengkapnya lihat disini : https://www.abfevents.com.au/events/results/gcc.asp?yr=2024

Advertisement

Tukang bridge sendiri pernah juara tim di Summer Bridge Festival tahun 2004 dan juara pasangan Gold Coast Congress Open pada tahun 1997 bersama Giovani Watulingas. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement