Connect with us

Nusantara

Wayang Rajamala Menjadi Suvernir untuk Atlet ASEAN Para Games XI Solo

Avatar

Diterbitkan

pada

Rajamala menjadi maskot event ASEAN Para Games Xi Solo. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Wayang kulit berbentuk Rajamala menjadi suvernir dalam event ASEAN Para Games (APG) XI Solo. Selain wayang Rajamala, batik juga dipilih menjadi suvernir dalam ajang kompetisi olahraga bagi atlet disabilitas itu.

Rajamala memang dipilih untuk menjadi maskot perhelatan APG XI Solo tahun ini.

“Batik juga ada, banyak UMKM yang dilibatkan nanti. Pelaku UMKM juga boleh menggunakan logo dan maskot untuk produknya secara gratis,” jelas Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Rabu (20/7/2022).

Menurut Gibran, bisanya untuk event-event internasional penggunaan logo atau maskot dikenakan biaya atau charge untuk lisensinya. Tetapi untuk event APG di Kota Solo ini, pihaknya menggratiskan penggunaan logo dan maskot APG.

“Lisensi gratis semua bisa pakai logo dan maskot ASEAN Para Games. Mau pakai Rajamala bawa obor, tertawa atau lari, gratis. Penak to,” jelasnya lagi.

Advertisement

Rajamala dipilih menjadi maskot APG XI di Solo karena menjadi salah satu ikon Kota Solo. Selain itu juga memliki filosofi yang bagus yakni sebagai tolak bala.

“Biar acaranya sukses karena digelar masih di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Selama event APG digelar,  produk UMKM juga dipamerkan di setiap hotel yang digunakan untuk menginap atlet.  Produk UMKM difokuskan untuk dipamerkan di hotel karena penginapan atlet APG menggunakan sistem bubble.

“Jadi nanti makan 3 kali dan loundry semua dilakukan di hotel. Atlet dan kontingen peserta APG tidak diperkenankan keluar dari hotel,” katanya lagi.

Tetapi jika ada yang menginginkan untuk keluar hotel bisa diarahkan oleh masing-masing LO (liaision officer).

Advertisement

“Tapi kalau menggunakan sistem bubble idealnya pas tanding jangan kulineran, makan di hotel saja selama kompetisi. Biasanya atlet kan kalau tidak tanding ya latihan itu saja kegiatannya saat event,” paparnya.

Untuk menagkomodasi atlet dan official yang ingin wisata seusai bertanding dan masih ada waktu, pihaknya telah menyiapkan beberapa lokasi. PIhaknya menyerahkan pilihan kepada para tamu. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement