Connect with us

Ibu Kota

Renovasi Capai 99 Persen, TMII Siap Dipakai untuk KTT G20

Avatar

Diterbitkan

pada

TMII Siap Dipakai untuk KTT G20

Renovasi Capai 99 Persen, TMII Siap Dipakai untuk KTT G20 (Foto: Kompas)

FAKTUAL-INDONESIA: Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah merampungkan renovasi Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang berlokasi di Bambu Apus, Jakarta Timur.

Renovasi tersebut merupakan penugasan khusus Presiden Jokowi untuk mempersiapkan sejumlah infrastruktur jelang Presidensi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Oktober mendatang.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, renovasi TMII ini dilakukan sejak Januari 2022 oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, dan Direktorat Jenderal Bina Marga.

“Saat ini progres fisiknya telah mencapai 99 persen. Sudah mendekati selesai dan siap untuk menyambut KTT G20 mendatang,” kata Diana mengutip laman resmi Kementerian PUPR, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Habiskan Rp 1,1 Triliun untuk Renovasi, Jokowi Minta Tarif Masuk TMII Tidak Mahal

Diana menambahkan, pelaksanaan renovasi terbagi dalam 3 zona dengan luas area pekerjaan meliputi penataan bangunan seluas 7,71 Ha dan kawasan seluas 26,56 Ha.

Advertisement

“Adapun total anggarannya sebesar Rp1,08 triliun,” ujar Diana.

Zona 1 yang bertema Indonesia Klasik ‘Elegan dan Geometri’ meliputi penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono, plaza utara dan selatan, Plaza Gadjah Mada, Tugu Pancasila, Keong Mas, Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Indonesia, dan lantai 1 gedung pengelola sebagai gerai UMKM.

Zona 2 bertema Arsitektur Nusantara, Tradisi, dan Budaya ‘Sulur’ mencakup penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar dalam, Plaza Boulevard Nusantara, amphiteater, dan promenade keliling Danau Archipelago.

Sedangkan Zona 3 bertema Indonesia Kini ‘Modern’ meliputi penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar luar.

Baca juga: Waskita Ditunjuk Kementerian PUPR Sebagai Kontraktor Pendukung Persiapan KTT G20

“Kita berfokus pada mengembalikan konsep awal masterplan TMII yaitu 70% area hijau dan 30% bangunan. Jadi bangunan-bangunan yang kurang diperlukan kita bongkar lagi dan kemudian lahannya ditanami pepohonan dan tumbuhan hijau,” imbugnya.

Advertisement

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Infrastruktur G20 Achmad Gani Ghazaly Akman mengatakan TMII dibuka untuk perhelatan Presidensi G20 terlebih dahulu pada 6 Oktober 2022 mendatang.

“Bulan Oktober tanggal 6, kita lakukan (buka) untuk ada acara G20,” terang Gani.

Gani menjelaskan, masyarakat bisa menggunakan TMII secara bertahap setelah perhelatan G20 selesai. Namun demikian, dia belum mengetahui kapan tanggal pembukaan TMII kepada publik setelah direnovasi.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca