Connect with us

Ibu Kota

Semua Lokasi Prostitusi akan Ditutup di Jakarta, Janji Wagub Ahmad Riza

Avatar

Diterbitkan

pada

Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza.(ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga melaporkan jika menemukan tempat-tempat prostitusi ke Pemprov DKI Jakarta untuk segera ditindaklanjuti.

Sebelumnya, ditemukan peristiwa perkosaan di hutan kota, awal bulan ini. Sementara, warga dekat Hutan Kota Rawa Malang, Cilincing, Jakarta Utara, ingin agar kompleks prostitusi di sekitar lingkungannya ditutup.

Riza Patria memastikan kompleks prostitusi itu bakal ditutup. Hal ini disampaikan Riza kepada wartawan di sela Musyawarah Nasional Komite Seni Budaya di Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9/2022).

“Pasti, pasti. Silakan semua masyarakat, warga, teman-teman wartawan media semua, sampaikan kepada kami apabila mengetahui ada tempat-tempat prostitusi di Jakarta, akan kami tutup. Semua,” kata Riza.

Prostitusi tidak diperkenankan diselenggarakan di masyarakat Jakarta dan Indonesia pada umumnya. Terlebih lagi, khusus untuk konteks kasus sekitar hutan kota di Cilincing, Jakarta Utara, anak-anak butuh lingkungan yang sehat untuk tumbuh dewasa.

Advertisement

Menurut Riza penanganan penutupan akan dilakukan oleh pihak Satpol PP. “Kita pasti segera tutup (kompleks prostitusi). Nanti Satpol PP dan jajaran terkait (menangani),” kata Riza.

Masalah penjagaan lingkungan dari efek negatif prostitusi menjadi tanggung jawab bersama. Cara praktis menjaga lingkungan adalah memasang CCTV supaya lebih banyak sudut Jakarta bisa diawasi.

“DKI Jakarta sendiri bekerja sama dengan Polda Metro Jaya, dengan Kodam Jaya, kita membangun ribuan CCTV. Ke depan, setiap tahun akan kita tambah, kita tingkatkan CCTV di Jakarta,” kata Riza, yang masa jabatannya segera berakhir pada 16 Oktober nanti.

Soal peristiwa pemerkosaan pada awal September, kronologi kasus bermula saat korban pulang sekolah dan bertemu dengan empat anak di hutan kota, Jakarta Utara, pada 1 September 2022. Salah satu anak memeluk korban dan menanyakan apakah korban mau menjadi kekasihnya, namun korban menolak.

Esok harinya, keempat pelaku, yang sudah mengincar korban, kembali bertemu korban saat pulang sekolah. Saat itulah, keempat anak melakukan tindakan pemerkosaan terhadap korban.

Advertisement

Ketua RW 010 Semper Timur Ahmad Syarifudin meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera menutup kompleks prostitusi di dekat hutan kota Rawa Malang, Cilincing, Jakarta Utara (Jakut). Ahmad mengaitkannya dengan kasus pemerkosaan terhadap anak perempuan 13 tahun di hutan kota.

“Maksud saya itu, seharusnya benar-benar plek ditutup. Tanpa ada kecuali, apalagi dalam keadaan seperti ini (ada anak yang mendapat kekerasan seksual di hutan kota Rawa Malang),” kata Syarifudin seperti dilansir dari Antara, Kamis (22/9/2022).***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca