Connect with us

Lifestyle

7 Cara Menghilangkan Kusut Pakaian Tanpa Menggunakan Setrika, Jadi Licin Lagi!

Avatar

Diterbitkan

pada

cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Seluruh orang tentu ingin berpakaian rapi agar terlihat enak saat dipandang dan lebih percaya diri. Caranya adalah dengan menghilangkan kerutan dan melicinkan pakaian menggunakan setrika. Perlu diketahui, ternyata ada cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika.

Setrika merupakan alat elektronik yang bisa mengatasi kerutan di pakaian agar terlebih lebih rapi. Entah rusak atau sedang berpergian, keberadaannya sangat penting melicinkan sehingga Anda tidak bisa menghilangkan kusut pada pakaian.

Namun tak perlu khawatir, untungnya ada beragam cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika yang sangat bermanfaat. Dengan begitu, tak perlu repot membawa setrika kemanapun saat bepergian.

Baca juga: 4 Tips Berpakaian Nyaman Saat Bepergian Meski Cuaca Tidak Menentu

Berikut beberapa cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Menggunakan hair dryer

cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika

Ilustrasi hair dryer (Foto: Istimewa)

Cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika yang pertama yaitu menggunakan hair dryer. Seperti nama, alat satu ini berfungsi untuk mengeringkan rambut. Tak hanya itu, ternyata Anda bisa memanfaatkannya untuk merapikan baju kusut saat mendesak.

Caranya mudah, cukup gantung pakaian yang kusut lalu arahkan alat pengering rambut ke pakaian. Setelah itu, ambil jarak sekitar 3-5 cm antara pakaian dengan hair dryer. Arahkan hair dryer ke pakaian hingga kusutnya hilang.

Advertisement

2. Catokan rambut

cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika

Ilustrasi catokan rambut (Foto: Istimewa)

Seorang wanita tentu tidak asing lagi dengan catokan rambut. Setelah menggunakan hair dryer, wanita umumnya menggunkan catokan rambut untuk meluruskan rambut. Tapi tahukah Anda, catokan rambut bisa membuat pakaian yang lecek menjadi rapi.

Caranya tidaklah sulit, nyalakan dan tunggu hingga panas. Lalu, gosok secara perlahan pada pakaian kusut sampai licin dan rapi. Perlu diperhatikan, berhati-hatilah ketika menggunakannya, jangan sampai alat tersebut membuat pakaian menjadi gosong atau terbakar.

3. Uap dari teko

cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika berikutnya yaitu memanfaatkan uap dari teko atau ceret. Dalam keadaan mendesak ketika tidak mempunyai setrika, cobalah cara ini untuk mengatasi kusut pada baju. Cara ini terbilang cukup efektif untuk melicinkan pakaian dengan bahan yang ringan.

Untuk mengaplikasikannya, dekatkan permukaan pakaian yang kusut dan lecek pada bagian ujung ketel yang mengeluarkan uap air. Diamkan pakaian terpapar uap selama beberapa menit sampai kusut dan leceknya perlahan-lahan menghilang.

4. Botol kaca berisi air panas

cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Selain uap dari teko, cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika juga bisa dilakukan menggunakan botol kaca berisi air panas. Untuk menghilangkan merapikan baju yang lecek Anda memerlukan sesuatu yang panas. Jika tidak ada setrikaan, cobalah menggunakan botol kaca berisi air panas.

Pertama-tama, masukkan air mendidih ke dalam botol kaca bekas sirup. Supaya aman, gunakan sarung tangan untuk memegang botol. Jika sudah, gosok-gosok botol pada baju yang kusut hingga hilang dan licin sempurna. Gosokkan botol tersebut ke permukaan baju layaknya setrikaan.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Noda Getah di Pakaian dengan Mudah

5. Air dan cuka

Cuka dikenal sebagai bahan yang digunakan untuk masakan. Namun, cuka bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kusut pada pakaian. Caranya, campur cuka putih dengan air biasa dengan perbandingan 1:3 ke dalam botol semprot. Setelah itu, semprotkan ke pakaian, dan biarkan mengering. Nantinya kusut akan hilang dan baju jadi licin kembali.

6. Handuk basah

cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Salah satu cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika yang jarang diketahui adalah menggunakan handuk basah. Tak perlu terlalu basah, cukup siapkan handuk yang terasa lembab saja. Langkah selanjutnya, letakkan pakaian di permukaan yang rata dan keras, bentangkan dengan rapi.

Tutupi pakaian tadi dengan handuk yang sudah disiapkan. Kemudian, tekan-tekan handuk ke seluruh area pakaian, terutama di area yang paling kusut. Jika sudah, gantung pakaian, biarkan hingga kering Pastikan Anda memakai handuk bersih supaya pakain tidak kotor.

Advertisement

7. Masukkan es batu pada pengering mesin cuci

cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika yang terakhir adalah memasukkan es batu ke dalam pengering mesin cuci. Jika ingin mencuci baju namun malas menyetrikanya, cobalah memasukkan beberapa balok es batu ke mesin pengering.

Cara ini bisa diaplikasikan untuk 2-5 baju dalam satu kali pencucian. Es yang meleleh akan menciptakan uap yang membantu menyingkirkan kusut dari pakaian. Terdengar aneh memang, tapi siapa sangka trik ini terbukti berhasil.

Hindari memasukkan pakaian terlalu penuh karena cara menghilangkan kusut pakaian tanpa setrika ini justru tidak akan berhasil. Paslanya, ss batu hanya akan meleleh dan menghasilkan uap, sehingga pakaian jadi lebih rapi.***

Baca juga: 7 Cara Mencegah Jamur pada Pakaian di Lemari, Sudah Tahu Kan?

Lanjutkan Membaca
Advertisement